home ×
Startup

EdTech Cakap Dapat Suntikan Dana Sekitar Rp42,8 Miliar

23 December 2020 By
EdTech Cakap Dapat Suntikan Dana Sekitar Rp42,8 Miliar
Share
Share
Share
Share

(Foto: Dok. Cakap)

Uzone.id - Cakap, platform pembelajaran bahasa online di Indonesia, resmi mendapatkan suntikan dana USD3 juta (sekitar Rp42,8 miliar) dalam putaran Seri A+. Pendanaan ini diumumkan Cakap pada Rabu (23/12) melalui pernyataan resminya.

Putaran ini dipimpin oleh Heritas Venture Fund, dan juga partisipasi dari Strategic Year Holdings dan beberapa investor terkemuka lainnya. Investor-investor petahana, seperti Investidea Ventures dan Prasetia Dwidharma juga turut berpartisipasi dalam putaran ini.

Pengumpulan dana Seri A+ ini menjadi penutup tahun yang solid bagi Cakap, yang berhasil mencetak keuntungan di tengah keadaan ekonomi sulit imbas dari pandemi Covid-19.

Baca juga: Daya Pikat Perusahaan Digital RI yang Tak Pernah Luntur Meski Pandemi

Menurut Cakap, pendidikan online terus meningkat dengan pesat seiring dengan protokol adaptasi kebiasaan baru dari pemerintah, di mana 94 persen anak-anak kehilangan akses pendidikan dan mengakibatkan percepatan adopsi teknologi oleh para penyelenggara edukasi di Indonesia.

Selama situasi ini, solusi dari Cakap telah menjadi jembatan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (Face to Face) alternatif dan mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan jumlah siswa Cakap hingga 10 kali lipat sejak awal tahun ini, dan meningkat 30 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Baca juga: Selain Uang, Apa Keuntungan Startup Indonesia Dapat Investasi Asing?

Dalam situasi COVID-19, Cakap juga telah menjalin mega kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Platform pembelajaran online ini juga dipercaya oleh beberapa instansi pemerintah, seperti unit organisasi non eselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika BAKTI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris daring bagi praktisi perhotelan dan UMKM yang terdampak oleh penurunan ekonomi.

Cakap juga menggagas beberapa program bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk Komunitas perhotelan, serta berkolaborasi dengan Telkomsel dan Kemendikbud untuk membantu siswa yang belajar dari rumah.

Cakap bermaksud menggunakan dana segar Seri A+ tersebut untuk merekrut lebih banyak pemikir-pemikir brilian untuk bergabung, pengembangan teknologi canggih, dan ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia.

VIDEO: Jalan-Jalan ke Gudang Pintar TokoCabang dari Tokopedia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id