icon-category Digilife

Efek Perang, Netflix Ogah Tayangkan Saluran TV Rusia

  • 02 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Unsplash

    Uzone.id – Layanan streaming populer Netflix menolak untuk menyiarkan saluran TV pemerintah Rusia di Negeri Beruang Merah itu. Keputusan ini tentunya menjadi tanggapan perusahaan terhadap perang yang sedang terjadi dengan Ukraina.

    Layanan streaming digital belakangan ini diwajibkan oleh Undang-Undang Rusia untuk menyiarkan saluran TV pemerintah setempat. Aturan ini baru berlaku pada pekan ini.

    “Melihat situasi sekarang, kami tidak ada rencana untuk menambah saluran TV Rusia di layanan kami,” ungkap pihak Netflix kepada pihak CNN Business.

    Baca juga: 'Bela Negara' Rusia-Ukraina di Dunia Maya: Gempuran Hacker!

    Undang-Undang Rusia ini seharusnya sudah mulai berlaku ke layanan seperti Netflix per 1 Maret 2022 dan platform media lain yang telah mencapai lebih dari 100 ribu subscriber di Rusia.

    Pemerintah Rusia meminta para platform digital mendistribusikan saluran-saluran TV berita dan hiburan lokal secara gratis. Regulasi ini diawasi oleh regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor.

    Keputusan ini muncul sepekan setelah Rusia mengirim serangan militer di kawasan Ukraina. Invasi Rusia ini dikutuk oleh banyak negara di seluruh dunia dan memicu serangkaian sanksi ekonomi mematikan yang menargetkan perekonomian Rusia sendiri.

    Baca juga: Tokoh Ukraina yang Punya Peran di Teknologi, Ada Pendiri WhatsApp

    Meski ogah menayangkan siaran Rusia, layanan Netflix tetap beroperasi di Rusia.

    Pihak Netflix tidak menjelaskan tentang bagaimana mereka akan menghindari regulasi baru Rusia tersebut dan saat ini pihaknya masih memantau situasi yang ada.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini