home ×
Digilife

El Salvador, Negara Pertama yang Bakal Legalkan Transaksi Bitcoin

07 June 2021 By
El Salvador, Negara Pertama yang Bakal Legalkan Transaksi Bitcoin
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - El Salvador dikabarkan akan menjadi negara pertama di dunia yang akan melegalkan transaksi bitcoin di negaranya. Mereka berharap, dengan membuat bitcoin legal maka negara tersebut akan terhindari dari adanya inflasi dunia.

Dilansir melalui CNBC, Senin, 7 Juni 2021, Presiden El Salvador, Nayib Bukele dikabarkan telah mengajukan rancangan undang-undang untuk membuat transaksi berbasis kripto menjadi legal, bersamaan dengan penggunaan dolar Amerika. Pemerintah negara itu akan bekerja sama dengan perusahaan dompet digital Strike untuk membangun sistem transaksi finansial secara digital.

Pendiri Strike, Jack Mallers, mengklaim jika BItcoin dan mata uang kripto lainnya bisa membuat negara tersebut terhindar dari dampak buruk inflasi yang terjadi di dunia. RUU ini sepertinya akan lolos karena partai yang menaungi Bukele menjadi penguasa di legislatif.

Program ini dipercaya tidak akan terlalu berhasil di negara tersebut. CNBC mencatat bahwa transfer uang dari para migran mewakili sekitar 20 persen dari PDB El Salvador. Hal ini karena biaya transaksi yang tinggi serta penundaan transfer yang cukup lama. Bitcoin dan cryptocurrency lainnya dapat membuat transfer tersebut lebih praktis dan langsung.

Warga tentu menyukai pembayaran digital, bahkan aplikasi Strike menjadi salah satu yang paling populer di negara ini ketika diluncurkan bulan Maret lalu.

Namun, ini masih merupakan pertaruhan yang signifikan. Bitcoin tidak didukung oleh sumber daya yang stabil seperti emas atau pemerintah negara besar. Seperti cryptocurrency lainnya, bitcoin sangat fluktuatif karena lonjakan dan penurunan besar sering dikaitkan dengan peristiwa yang dianggap kecil di tempat lain. Seorang penduduk yang mengandalkan transfer Bitcoin untuk memenuhi kebutuhan bisa hancur jika nilainya turun.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id