icon-category Digilife

Elon Musk Desak Ada Regulasi untuk Pengembangan AI

  • 20 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk meminta agar semua perusahaan yang mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) memiliki aturan. Perusahaan yang dimaksud, termasuk miliknya, Tesla.

    Hal ini diungkapkannya merespons sebuah artikel tentang lab riset independen bernama OpenAI yang ditulis MIT Technology Review. Musk mencuitkan bahwa semua AI harus lebih terbuka, namun harus diatur.

    "Menurut pendapat saya, OpenAI seharusnya lebih terbuka. Semua organisasi yang mengembangkan AI yang lebih canggih harus diregulasi, termasuk Tesla," cuit Musk, seperti dikutip dari Live Mint, Kamis, 20 Februari 2020.

    Baca juga: On-Trucks Lahir karena Ketidakpastian Biaya Transportasi Logistik

    Berdasarkan data, OpenAI merupakan perusahaan yang pernah didirikan Musk beberapa tahun lalu. Masa awal berdiri, OpenAI bertujuan untuk mengembangkan AI dengan aman, namun kemudian tujuan itu bergeser dan perusahaan lebih terobsesi dengan gambar dan ingin meraih lebih banyak uang.

    Musk sempat mengkritik hal ini sampai akhirnya memutuskan untuk mundur dari OpenAI pada 2018.

    OpenAI sekarang berada dipangkuan CEO Microsoft, Satya Nadella. Mereka ingin meningkatkan keuntungan dari Artificial General Intelligence, atau sistem otonom yang supercanggih, untuk kemanusiaan.

    Perusahaan dengan 100 karyawan itu menciptakan software gratisan untuk melatih, membandingkan dan melakukan uji coba dengan AI.

    Nadella, yang tertarik dan melihat potensi besar di AI untuk kemanusiaan ini dikabarkan akan menginvestasikan uangnya sebesar US$1 miliar dalam beberapa tahun ke depan ke OpenAI.

    Salah satu bukti keberhasilan OpenAI adalah MuseNet, jaringan saraf dalam yang dapat menghasilkan komposisi musik  selama empat menit dengan 10 instrumen berbeda. Dan dapat menggabungkan gara dari Mozart sampai Beatles.

    OpenAI juga pernah menciptakan bot yang bisa mengalahkan pemain game profesional top dunia dalam kompetisi Dota 2 one on one.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags :

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini