icon-category Gadget

Elon Musk Pamer 'Manusia Buatan' Optimus, Harganya Rp306 Jutaan

  • 03 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Twitter @elonmusk

    Uzone.id – CEO Tesla, Elon Musk belum lama ini pamer ‘manusia buatan’ bikinannya dalam ajang Tesla AI Day 2022 yang dihelat pada Jumat (30/9).

    Diberi nama Optimus, prototipe robot humanoid ini sebenarnya sudah diumumkan Musk saat Tesla AI Day setahun yang lalu. Namun, kala itu Optimus belum selesai dirancang dan Musk hanya memperkenalkan kostum robotnya saja di atas panggung.

    Dalam acara Tesla AI Day kemarin, Musk memperlihatkan Optimus yang tampil tanpa kostum, sehingga semua kabel dan mekanismenya terpampang jelas di hadapan penonton.

    Baca juga: Perlukah Pekerja Manusia Cemas Jika 'Dijajah' AI dan Robot?

    Musk memamerkan secanggih apa ‘manusia buatannya’ tersebut dalam menangkap perintah pemiliknya. Lantas ia menyuruh Optimus untuk melakukan tugas -tugas rumah sederhana. Mulai dari menyiram tanaman, membawa boks barang, hingga mengangkat potongan logam.

    “Tugas kami adalah membuat robot humanoid yang berguna secepat mungkin,” jelas Musk seperti dikutip Engadget, Senin (3/10).

    Musk merasa masih banyak yang harus dikerjakan untuk menyempurnakan Optimus dari segala sisi. Demonstrasi selama pratinjau Optimus difokuskan pada bagaimana data diproses untuk setiap segmen tubuh robot: lengan, kaki, persendian.

    Baca juga: 4 Teknologi IoT Telkomsel, Ada Robot 5G Canggih!

    Bot Optimus sendiri didukung oleh perangkat keras autopilot yang sama di mobil Tesla, namun sudah disesuaikan dengan tubuh dan lingkungan barunya. Musk mengklaim bahwa Teslabot tersebut menjadi “Pengembangan produk terpenting yang kami lakukan tahun ini.”

    “Dan kami juga merancangnya menggunakan prinsip yang sama seperti yang kami gunakan untuk merancang mobil, yaitu membuat robot dengan volume tinggi dengan biaya rendah dan bisa diandalkan,” sambung Musk.

    Robot Tesla menggunakan baterai dengan kapasitas 2,3kWh yang diklaim bisa bertahan hingga seharian. Sudah mendukung konektivitas via WiFi dan LTE, robot ini juga diotaki oleh chipset Tesla.

    Elon Musk tidak mengungkapkan secara detail kapan Tesla akan memproduksi Optimus secara massal. Namun ia sudah memberi bocoran bahwa robot Optimus ini akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp306 jutaan.

    Gimana menurut kalian?

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini