icon-category Digilife

Empat Tips Atasi Memori Penyimpanan yang Penuh di Ponsel

  • 16 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Penyimpanan ponsel yang penuh biasanya membuat pengguna kesal, apalagi ketika digunakan untuk merekam video atau membidik foto. Terlebih jika pengguna merasa bahwa mereka tidak banyak menyimpan file tapi mendapati bahwa penyimpanan sudah tidak memiliki ruang tersisa.

    Ada cara lain untuk memperluas penyimpanan di ponsel. Biasanya ponsel akan menyediakan slot tambahan untuk kartu memori eksternal menggunakan microSD sebagai penyimpanan ekstra. Tapi, ada beberapa cara untuk mengatasi memori penyimpanan yang penuh selain menggunakan memori tambahan. Begini caranya:

    Hapus aplikasi yang jarang digunakan

    Aplikasi biasanya akan memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, apalagi jika ada data-data didalamnya yang dibiarkan menumpuk. Salah satu cara agar memori ponsel kembali kosong adalah memilah aplikasi yang sudah tidak berguna.

    Caranya, masuk ke Settings kemudian pilih App setelah itu masuk ke Manage Apps. Disini kalian akan mendapat pilihan untuk mencopot pemasangan aplikasi yang jarang kalian gunakan. Kalian juga bisa menyortir aplikasi apa saja yang menyita ruang penyimpanan paling besar.

    Simpan file di memori eksternal atau cloud

    Seperti yang kita tahu, memori internal biasanya digunakan untuk menyimpan aplikasi. Jika memori internal sudah penuh, maka pengguna takkan bisa menambah aplikasi lain dan bahkan akan mengalami beberapa gangguan saat membuka aplikasi.

    Untuk itu, agar mengurangi kapasitas penggunaan memori internal, kalian bisa mengalihkan file seperti dokumen, video, foto dan file lainnya yang berukuran cukup besar ke kartu memori eksternal. Jika tidak ada memori tambahan, kalian bisa memasukkannya ke layanan cloud seperti Google Drive yang mampu menampung hingga 15 GB secara gratis.

    Hapus data cache

    Data sementara di aplikasi atau yang sering disebut dengan data cache akan banyak tersimpan di memori ponsel. Semakin sering kalian menggunakan aplikasi, maka semakin besar pula cache yang tersimpan.

    Dengan menghapus data cache dari tiap aplikasi yang sering dibuka, ruang penyimpanan di ponsel akan kembali memiliki ruang yang cukup besar.

    Untuk menghapus cache, kalian bisa masuk ke Settings, lalu buka Apps, kemudian pilih Manage Apps. Langkah selanjutnya, pilih aplikasi yang paling sering dibuka dan klik opsi delete cache.

    Hindari aplikasi pembersih memori RAM

    Kalian mungkin tak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi pembersih memori RAM atau penyimpanan yang mengklaim bisa meningkatkan kinerja ponsel. Tapi, perlu dicatat jika aplikasi tersebut kadang malah menjadi beban di ponsel dan tidak beroperasi seperti yang dijanjikan.

    Oleh karena itu, pengguna dianjurkan untuk menggunakan aplikasi pembersih memori bawaan ponsel untuk membersihkan sampah-sampah di ponsel dan hindari untuk memasang pembersih memori yang ada di toko-toko aplikasi.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini