icon-category Auto

Era Baru Toyota Kijang: Innova Zenix Seharga Rp600 Jutaan!

  • 22 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Toyota

    Uzone.id - Kalau Toyota menyebutnya evolusi, kami menyebutnya revolusi. Pernahkah terbayang sebuah Toyota Kijang seharga lebih dari Rp500 jutaan, tepatnya Rp611 juta?

    Ya, setelah 7 generasi, maka di tahun 2022 ini hal tersebut benar-benar kejadian. Toyota Astra Motor membanderol Toyota Kijang termahal, tipe Q Hybrid CVT seharga Rp611 juta.

    Apa yang membuat Toyota Kijang bisa semahal ini? Mari kita bedah..

    Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid tipe Q CVT diposisikan sebagai tipe tertinggi. Selain ubahan radikal pada sisi spesifikasi dan teknis, sejumlah fitur mewah dan canggih pun tersemat pada MPV yang sekarang jadi Crossover ini.

    BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

    Tampilan gahar khas crossover

    Bicara tampilan, tipe Q hadir dengan penambahan bodikit Modelista, sehingga selain gahar, mobil ini juga punya nuansa sporty yang cukup kental.

    New Crossover Front Looks dengan New Front Grille Design yang dilengkapi dengan LED Headlamp, pelek 18 inci, atap panoramic sunroof electric, jadi pembuka pada tampilan barunya.

    Karakter Kijang Innova model sebelumnya memang masih terasa, namun kali ini Toyota menambahkan sejumlah garis dan lekuk bodi sehingga membuat Kijang Innova jauh lebih berkesan SUV.

    Ruang kabin meluas, mewah dan canggih

    Bahkan di dalam kabinnya, pada baris kedua tersedia jok berkonsep captain seat dengan fitur ottoman, layaknya kabin sebuah pesawat kelas VIP.

    Sudah begitu, tersedia juga Dual Rear Seat Entertainment berupa layar berukuran 10 inci yang terletak di belakang sandaran kursi depan kanan dan kiri.

    Pusat hiburan kabinnya sendiri juga berupa layar sentuh berukuran 10 inci dengan Smartphone Connectivity dan teknologi berbasis telematika T Intouch.

    Layar sentuh tersebut jga sudah terintegrasi dengan Panoramic View Monitor menghasilkan visibilitas luas untuk membantu ketika parkir mundur, dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera guna merekam perjalanan.

    Penumpang juga mendapatkan wireless charger di konsol tengah, disertai 4 USB C slot untuk semua model.

    Asiknya lagi, demi kemudahan akses bagasi, Toyota menyematkan fitur Power Back Door dengan perintah suara!

    Toyota Safety Sense

    Model Q HV memiliki 6 SRS Airbags yang terdiri dari dual airbags, side airbags, dan curtain side air bags (CSA), kemudian sensor parkir ditambah corner sensor.

    All New Kijang Innova Zenix kini dilengkapi dengan generasi terbaru dari teknologi keselamatan Toyota yang mengandalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense 3 (TSS 3.0).

    TSS 3.0 pada All New Kijang Innova Zenix terdiri dari atas Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

    Mesin baru berteknologi hybrid

    Pada tipe tertinggi ini juga sudah mengusung mesin baru TNGA 2.0L berkode M20A-FXS menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 206 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

    Menariknya, ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

    Motor listrik yang compact juga dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output.

    Termasuk, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.

    Baterai hybrid Ni-MH kini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

    BACA JUGA: Hasil Tes Wuling Almaz Hybrid di Sirkuit E-Prix Ancol

    Terdapat juga filter pada tutup saluran udara pendingin baterai, sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu baterai.

    Tenaga mesin dan motor listrik tersebut disalurkan ke sepasang roda depan melalui transmisi 10-Speed Direct Shift CVT berkode K120 yang halus dan responsive.

    Kombinasi antara sabuk baja dan gigi transmisi memperlebar jangkauan rasio transmisi untuk mengail potensi tenaga mesin pada kondisi berkendara yang sangat dinamis.

    Fitur ini unik karena Toyota menambahkan roda gigi dengan rasio 3,337 untuk maju dan 3,136 untuk mundur yang bersinergi dengan rasio sabuk baja CVT di rentang 2,236-0,447.

    Sementara final gear ratio 4,262 memastikan akselerasi yang mudah di berbagai kondisi dan beban berkendara serta performa engine brake yang memadai.

    Dengan semua transformasi tersebut, apakah membuat Toyota Kijang layak dihargai sampai Rp600 jutaan?

    VIDEO First Drive Tooyota Kijang Innova Zenix:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini