Auto

Erdogan Pamer Mobil Listrik Pertama Buatan Turki

  • 29 December 2019
  • Bagikan :

    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama mobil listrik TOGG (Biro Pers Kepresidenan Turki)

    Uzone.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah meluncurkan prototipe mobil listrik nasional yang sudah lama diimpikan Turki.

    Erdogan pamerkan mobil listrik model SUV dan sedan yang diberi merek TOGG (Automobile Initiative Group of Turkey) dalam sebuah seremoni di Gebze, di jantung industri Turki sebelah barat laut.

    Dilansir dari Euro News, Erdogan pun menawarkan namanya ditulis dalam daftar pesanan di muka. TOGG diperkirakan masuk pasar pada tahun 2022.

    "Kami menyaksikan hari bersejarah, mewujudkan mimpi 60 tahun," ucap Erdogan pada Jumat (27/12/2019). "Saya tahu bahwa masyarakat kita tidak sabar menunggu hari punya mobil ini."

    Baca juga: 2020, Royal Enfield Akan Luncurkan Motor Kecil untuk Wanita

    Erdogan memang sudah lama mendorong industri dalam negeri untuk membangun mobil nasional sebagai bagaian dari visinya untuk menjadikan Turki sebagai kekuatan ekonomi.

    TOGG sedang diproduksi oleh konsorsium lima perusahaan Turki bekerja sama dengan Persatuan Kamar Dagang Turki dan Bursa Komoditas.

    Media Turki melaporkan mobil tersebut dirancang oleh rumah desain otomotif Pininfarina Italia, yang telah menciptakan model untuk mobil listrik Ferrari dan Karma yang berbasis di California.

    Kepala Eksekutif TOGG, Gurcan Karakas mengatakan bahwa Turki berharap bisa produksi lima model mobil yang berbeda dalam 15 tahun ke depan.

    TOGG adalah upaya kedua Turki untuk memproduksi mobil nasional. Selama tahun 1960an, sekelompok insinyur Turki membangun prototipe mobil bernama Devrim atau Revolution in English. Namun, proyek itu kemudian dibatalkan.

    Turki juga diketahui merakit beberapa merek asing, termasuk Ford dan Toyota.

     

    VIDEO Tes Suspensi Xpander Cross di Jalan Tol Layang Japek II