home ×
Digilife

Eric Yuan Pendiri Zoom, Bikin Aplikasi Konferensi Video karena Pernah LDR

07 April 2020 By
Eric Yuan Pendiri Zoom, Bikin Aplikasi Konferensi Video karena Pernah LDR
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Unsplash)

Uzone.id - Pandemi coronavirus disease (Covid-19) telah menghilangkan sumber pendapatan banyak orang, tetapi tidak bagi Eric Yuan (49). Ya! Eric Yuan atau yang biasa disapa Yuan adalah pendiri Zoom, aplikasi konferensi video yang populer belakangan ini.

Mengutip Business Insider, sebelum pandemi Covid-19 muncul dan banyak orang belajar serta bekerja dari rumah, harga saham Zoom telah tumbuh. Sayang, Yuan menolak mengomentari kekayaan bersih, karier, atau kehidupan pribadinya.

Namun, ada satu kisah menarik di balik pengalaman ia mendirikan Zoom. Masih dari sumber yang sama, Yuan mendapat ide untuk membuat Zoom, selagi ia mencoba menemukan cara untuk tetap terhubung dengan kekasihnya saat long distance relationship (LDR).

Baca juga: Pemilik Kartu Prakerja Bingung Ikut Pelatihan di Pijar Mahir? Tenang Bisa Tanya 24 Jam

Yuan lahir di Provinsi Shangdong, China. Menurut Fortune, ia dan pacarnya terdaftar di dua perguruan tinggi berbeda yang dipisahkan oleh waktu tempuh perjalanan kereta api selama 10 jam. Kemudian, keduanya menikah.

“Saya hanya bisa melihatnya dua kali setahun dan butuh lebih dari 10 jam untuk sampai di sana dengan kereta api,” kata Yuan kepada Forbes pada 2017.

“Saya masih muda saat itu—18 atau 19 tahun—dan saya pikir itu akan menjadi fantastis jika di masa depan ada perangkat di mana saya bisa mengklik tombol dan melihatnya dan berbicara dengannya," imbuhnya.

Baca juga: Cara Bermain Hewan 3D Pakai Google Search, Mengobati Bosan di Rumah

Bloomberg melaporkan, pengalaman itu memberi Yuan gagasan untuk memasukkan video ke dalam sistem konferensi berbasis telepon. Sementara itu, menurut CNBC, Yuan juga ingin membuat sistem konferensi yang lebih ramah dan menyenangkan pengguna.

Terbukti, Zoom dikenal sebagai aplikasi konferensi video dengan latar belakang virtualnya, yang memungkinkan pengguna tampak seolah-olah berada di pantai atau di depan Golden Gate Bridge.

Yuan mendirikan Zoom, perusahaan miliknya sendiri, pada 2011. Sebelum itu, ia adalah adalah wakil presiden di Cisco Systems, perusahaan global di bidang telekomunikasi yang bermarkas di California, Amerika Serikat. Yuan sempat bekerja untuk perusahaan konferensi video lain bernama WebEx yang diakuisisi oleh Cisco pada 2007.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article