Telco

Erick Thohir Sebut Transformasi Telkom dan Telkomsel Sudah Terlihat Signifikan

  • 12 November 2021
  • Bagikan :
    Erick Thohir Sebut Transformasi Telkom dan Telkomsel Sudah Terlihat Signifikan

     

    Uzone.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut jika transformasi yang dilakukan perusahaan telekomunikasi BUMN dan anak usahanya, Telkom dan Telkomsel sudah terlihat signifikan. Pasalnya, saat ini Telkomsel sudah terlihat mampu menjadi perusahaan digital dan berpengaruh pada ekosistemnya di Indonesia.

    Hal ini disampaikan oleh Erick Thohir saat konferensi virtual peluncuran aplikasi kesehatan Fita yang didukung oleh Telkomsel. Fita disebutnya merupakan salah satu prestasi Telkomsel yang menyentuh industri kesehatan, di luar bisnis lamanya yang berkutat di jaringan telekomunikasi seluler.

    Erick mengatakan jika pandemi covid-19 telah mengajarkan dua hal, pentingnya bertransformasi dan juga bagaimana pentingnya kita menjaga kesehatan. Terlebih, pandemi juga mengakselerasi era Globotics, Globalization dan Roboctics. yang membuat perusahaan seperti telkomsel tidak bisa hanya mengandalkan bisnis model yang lama, harus melakukan perubahan yang signifikan.

    "Maka dari situ, sejak awal saya meminta BUMN untuk melakukan transformasi. Sampai kini sudah terlihat signifikan bentuk transformasi sebagaimana terlihat juga di Telkom, dan Telkomsel khususnya pada hari ini. Telkomsel telah bertransformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan digital dan komprehensif. Telkomsel menyediakan layanan secara menyeluruh, mulai dari konektivitas platform sampai menjadi enabler bagi ekosistem digital Indonesia," ujar Erick, saat konferensi pers virtual Fita, Rabu, 10 November 2021.

    Baca juga: Telkomsel Rilis Aplikasi Fita

    Dia menyebut jika Telkom telah mengubah model bisnisnya sehingga berbeda dengan Telkomsel. Jika Telkom lebih ke pasar Business to business (B2B), Telkomsel menjadi B2C (Business to consumer). 

    Erick meminta BUMN untuk terus melakukan adaptasi ke depan. Tidak hanya di bisnis model tapi juga di industri kesehatan. Pasalnya, kata Erick, beberapa waktu ke depan Indonesia juga akan mengalami apa yang namanya futuristic normal. Di era ini, semua akan menjadi bagian dari teknologi, dan yang terpenting bagaimana kesehatan harus tetap terjaga.

    "Karena itu saya berharap, dengan pembangunan yang dilakukan BUMN di eco-lifestyle ini kita semua menjadi bagian dari hal kesatuan bagaimana kita memastikan bangsa indonesia terus hidup dalam kesehatan dan kenaikan ekonomi yang kita harapkan bersama," katanya.

    Aplikasi kesehatan Fita sendiri merupakan produk yang didukung oleh Telkomsel dan memiliki perkembangan yang cukup pesat. Dalam satu bulan saja, hasilnya sudah terlihat positif. Buktinya, sebelum resmi diluncurkan pada 10 November kemarin, aplikasi ini telah bertengger di posisi pertama aplikasi populer di PlayStore.

    Baca juga: Intip Pameran Teknologi Telkomsel di Expo 2020 Dubai

    "Fita memiliki mis membantu masyarakat memiliki pola hidup sehat agar terhindar dan mencegah dari penyakit. Prestasi jangka pendek sudah luar biasa, nomor satu di PlayStore," kata Erick.

    Erick juga menilai jika aplikasi Fita akan menjadi solusi yang dapat membantu masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat agar tercipta kualitas hidup yang lebih baik.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini