icon-category Auto

Ertiga Diesel Diklaim Lebih Irit

  • 15 Dec 2016 WIB
  • Bagikan :

    Bogor, Otomania – Suzuki Ertiga dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) akan diluncurkan awal 2017 di Indonesia. Berkat sistem tersebut, diklaim bisa lebih irit bahan bakar minyak (BBM) 50 persen dari Ertiga mesin konvesional.


    Pernyataan tersebut diutarakan langsung Harold Donnel, 4W Marketing Head of Product Development & Accessories PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).


    “Berdasarkan hasil pengujian internal kurang lebih sekitar 50 perseb lebih irit. Tetapi, balik lagi bagaimana cara mengemudi masing-masing orang,” ujar Harold di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016).




    Salah satu faktornya, kata Harold, berkat rangkaian sistem dari sebuah ISG (integrated starter generator), yang menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Energi yang terbuang dalam sistem ini bisa dimanfaatkan kembali oleh sistem hibrida.


    Berita Terkait:

    “Kita tidak menggunakan baterai, tetapi sumber tenaganya dari aki. Makanya kapasitasnya lebih besar dari varian mesin konvesional,” kata Harold.


    Harold melanjutkan, kapasitas akinya yaitu 12V 70 ampere. Secara harga juga bisa lebih mahal dari model biasa.


    “Kalau mengenai lama atau tidaknya seharusnya sama saja seperti aki biasa. Hanya saja harganya lebih mahal,” kata Harold.



    Penulis: Aditya Maulana
    Editor: Azwar Ferdian

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini