icon-category Technology

Extramarks Perkenalkan “Solusi Belajar Digital” Sesuai Kurikulum

  • 18 Jul 2018 WIB
  • Bagikan :

    Telset.id, Jakarta – Untuk para orang tua yang sulit mengawal perkembangan belajar anak karena kesibukannya, kini ada aplikasi belajar digital berstandar nasional Extramarks. Aplikasi belajar ini isinya sesuai dengan kurikulum sekolah saat ini, sehingga tak perlu khawatir terhadap kegiatan anak selagi bekerja.

    Country Manager Extramarks Indonesia Fernando Uffie menjelaskan pihaknya berkoordinasi dengan Pusat Kurikulum Buku (Puskurbuk) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuat konten aplikasi yang sesuai kurikulum saat ini.

    Kerjasama ini juga menjamin supaya siswa dapat lebih mudah memahami setiap pelajaran melalui pendekatan Learn, Practice dan Test atau belajar, latihan dan tes, untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, mudah dan menyenangkan.

    “Konten yang digunakan sudah disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh Kemendikbud dan tentu saja, sudah menggunakan bahasa Indonesia. Harapannya proses belajar menjadi lebih menarik, mudah, dan menyenangkan,” ujar pria yang akrab dipanggil Uffie ini dalam peluncuran Solusi Belajar Digital 3600 Extramarks Indonesia di Gedung Kemendikbud, Jakarta (18/7/2018).

    Sejalan dengan inisiatif Making Indonesia 4.0 yang digalakkan pemerintah, lanjut Uffie, Extramarks Indonesia berkomitmen untuk mendorong transformasi pendidikan dalam upaya mendukung kesiapan Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Salah satu upayanya adalah meluncurkan solusi belajar digital 360yang telah disesuaikan dengan karakter siswa.

    Solusi Belajar Digital 3600 berbasis teknologi edukasi, yang mengintegrasikan semua proses belajar mengajar, baik dari siswa, guru, sekolah, orang tua dan para pemangku kepentingan lainnya.

    Semuanya, kata dia, memiliki peran dalam mencetak siswa yang berkualitas dan memiliki kompetensi sesuai dengan era Revolusi Industri 4.0 untuk membuat ekosistem digital yang terpadu.

    “Kami hadir untuk turut serta dalam upaya pemerintah mewujudkan tenaga kerja yang handal di era Revolusi 4.0. Kami yakin, untuk mencetak tenaga kerja yang siap pakai itu tidak dapat dilakukan seperti membalikan tangan, perlu sebuah proses yang cukup panjang dari umur sedini mungkin. Dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi,” kata Uffie.

    Untuk sekolah, aplikasi yang diperkenalkan dalam ekosistem tersebut mencakup Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Manajemen Pembelajaran dan Solusi Pembelajaran Digital untuk digunakan di ruang kelas.

    Sekolah akan terhubung ke aplikasi yang dapat digunakan oleh orang tua untuk melacak, memantau dan mengevaluasi perkembangan anak-anaknya hanya dalam satu klik saja. Informasi dari sekolah tersebut dapat diterima oleh orang tua dalam bentuk informasi, notifikasi, dan hasil harian.

    Sedangkan untuk siswa, aplikasi ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun saat di luar sekolah karena akan selalu menghubungkan siswa dengan sekolah mereka.

    Semua solusi yang ditawarkan tersebut dapat diakses oleh siswa melalui komputer atau tablet masing-masing yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Extramarks Learning Solutions.

    “Konten-konten pembelajaran yang terdapat dalam Extramarks Learning Solution ini sudah berbasiskan teknologi digital dan menyesuaikan dengan karakter para siswa yakni V.A.K atau visual, audio, dan kinesthetic,” jelasnya.

    “Peserta didik pun dapat menyentuh model, memperbesar atau memutarnya untuk tampilan yang sempurna. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang elemen tertentu, siswa dapat memperolehnya hanya dengan mengkliknya,” imbuh dia lebih lanjut.

    Perwakilan orang tua siswa Donna Agnesia mengatakan saat ini sulit untuk menemukan pengasuh anak yang bisa sekaligus mengawal belajar anak untuk orang tua yang dua-duanya bekerja. Selain itu perkembangan kurikulum pelajaran yang dirasa semakin sulit dan perbedaan karakter masing-masing anak juga menjadi kendala tersendiri.

    Oleh karena itu artis dan presenter terkenal ini mengapresiasi adanya aplikasi belajar digital Extramaks karena memiliki fitur cukup lengkap yang mudah dipahami anak-anak usia sekolah dasar. Aplikasi ini dinilai sangat cocok dimiliki oleh semua orang tua yang bekerja supaya bisa menjaga prestasi anaknya di sekolah.

    “Apa yang ditampilkan oleh Extramarks Indonesia ini adalah solusi yang komplit, semuanya ada disana. Semua benar-benar dipikirkan termasuk masalah kurukulum, jadi apa yang dipelajari anak-anak di sekolah berkesinambungan dengan apa yang diberikan aplikasi ini,” kata Donna. [WS/HBS]

    Artikel Extramarks Perkenalkan “Solusi Belajar Digital” Sesuai Kurikulum dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

    Tags : Extramarks 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini