icon-category Digilife

Facebook dan Instagram Sigap Singkirkan Postingan Soal Pil Aborsi

  • 30 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: dole777/Unsplash

    Uzone.id - Memanasnya kondisi di AS akibat putusan Mahkamah Agung yang membatalkan keputusan untuk melegalkan hak aborsi membuat beberapa raksasa teknologi sigap menanggapi isu tersebut.

    Salah satunya adalah aplikasi naungan Meta yaitu Facebook dan Instagram yang sigap menghapus postingan dan bahkan memblokir pengguna yang ketahuan memberi akses membeli pil aborsi.

    Menurut Facebook dan Instagram, postingan tersebut melanggar kebijakan mereka soal obat-obatan.

    Laporan dari Motherboard dan Associated Press menemukan kalau dua aplikasi ini dengan sigap menghapus dan membatasi postingan soal penawaran pil aborsi. Penghapusan ini dilakukan hanya dalam waktu satu menit.

    Menanggapi laporan ini, juru bicara Meta, Andi Stone membuat cuitan pada Senin, (29/06/2022) lalu, ia mengatakan kalau konten yang berisi jual beli, perdagangan, pemberian, dan sumbangan obat-obatan tidak diperbolehkan.”

    Namun ia mengatakan kalau informasi soal keterjangkauan dan akses untuk resep obat masih tetap diperbolehkan.

    Sebelumnya, postingan mengenai penjualan, pemberian dan pengiriman senjata api dan marijuana juga dilarang berdasarkan kebijakan yang sama. Namun, beberapa kasus menemukan kalau postingan ini tak dihapus dengan cepat oleh Facebook.

    Keputusan MA AS soal pembatalan Roe vs Wade ini memang membuat warga AS geram, bahkan sampai ke berbagai negara. Begitupun di media sosial dimana banyak platform menjadi alat untuk menyebarkan berita soal akses aborsi bagi perempuan di AS.

    Sebelumnya, Microsoft, Google dan beberapa perusahaan teknologi lainnya menolak putusan tersebut, mereka bahkan memastikan akan membiayai perjalanan pegawainya apabila ingin melakukan aborsi di negara lain.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini