icon-category Digilife

Facebook Ditinggal Gen Z, Gara-gara Jadul!

  • 15 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Glen Carrie/Unsplash

    Uzone.id - Anak-anak remaja usia belasan hingga awal 20-an di era sekarang ini sedang asyik-asyiknya main internet dan menjelajah berbagai media sosial. Tapi, ada satu aplikasi populer yang mulai ditinggalkan oleh generasi Z.

    Dalam survey yang dilakukan Pew Research Center, pengguna remaja Facebook dari usia 13 hingga 17 tahun hanya sekitar 32 persen saat ini, berbeda dengan tahun 2014-2015 dimana pengguna Facebook di kalangan remaja mencapai 71 persen.

    Menurut Jules Terpak, seorang konten kreator remaja yang fokus ke dunia digital mengatakan kalau remaja sekarang tidak lagi menemukan value dari aplikasi Facebook alias tidak cocok dengan mereka yang kekinian.

    Dengan kata lain, Facebook dianggap terlalu jadul.

    Baca juga: Biaya Langganan Disney+ Hotstar Bakal Naik!

    “Sekarang ada lebih dari 5 platform media sosial populer yang harus di scroll tanpa henti, dan tak kepikiran oleh kita untuk memprioritaskan hubungan kita dengan platform-platform ini,” kata Terpak, dikutip dari TechCrunch, Jumat, (12/08).

    “Demi waktu dan kewarasan, mereka harus menyingkirkan platform yang mulai kehilangan value,” tambahnya.

    Ia juga menambahkan kalau Facebook yang biasanya diasosiasikan dengan aplikasi ‘orang tua’ ini tak berhasil menarik Gen Z ke platform mereka. 

    Survey ini juga sejalan dengan laporan Napoleon Cat terkait pengguna Facebook di Indonesia. Dari 202 juta pengguna hingga bulan Juli 2022, hanya 11,3 persen diantaranya adalah remaja berusia 13 hingga 17 persen. 

     

    Baca juga: YouTube Health Tersedia di Indonesia, Bisa Cegah Hoaks Soal Kesehatan

    Walaupun Facebook mulai ditinggal pengguna muda mereka, tapi Meta tidak perlu khawatir karena platform lain miliknya, Instagram masih populer di kalangan Gen Z.

    Gen Z yang menggunakan instagram saat ini berjumlah 62 persen, naik dari tahun 2014-2015 yang berkisar 52 persen. Tapi, TikTok masih menjadi aplikasi kesayangan anak-anak remaja saat ini, tak hanya di AS tapi hampir di seluruh dunia.

    Facebook sendiri masih terus membenahi aplikasinya saat ini. Melihat kesuksesan Reels di Instagram, mereka juga akan fokus pada fitur video pendek in-app ini, mereka juga kabarnya sedang menyiapkan fitur live streaming untuk menyaingi Twitch.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini