icon-category Digilife

Facebook Ditinggal Generasi Milenial? Cuma ‘Mitos’ di Indonesia

  • 23 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Alexander Shatov/Unsplash

    Uzone.id - Makin ke sini, semakin banyak warganet Indonesia yang main media sosial. Di awal tahun 2022 ini, tercatat ada sekitar 191,4 juta pengguna media sosial aktif di Indonesia.

    Bisa dibilang, 68,9 persen dari populasi di Indonesia sudah main media sosial dan dibanding tahun lalu, Data Reportal mencatat peningkatan yang cukup tinggi.

    Analis Kepois mengungkapkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia meningkat sekitar 21 juta atau sekitar 12,6 persen di antara tahun 2021 dan 2022.

    Dari berbagai macam platform media sosial yang ada, media sosial seperti Facebook, Instagram dan Messenger masih jadi platform yang cukup eksis di Indonesia di tengah gempuran aplikasi TikTok.

    Meski Facebook akhir-akhir ini disebut sebagai aplikasinya ‘orang tua’ tapi nyatanya, Facebook diam-diam masih dinikmati oleh warga Indonesia berusia 18 tahun hingga 34 tahun, lho.

    Baca juga: Waduh, 70an Juta Orang Indonesia Masih Belum Tersentuh Internet

    Dari laporan terbaru Data Reportal, Facebook mencatat pengguna sebanyak 129,9 juta di Indonesia, sedangkan Instagram mencatat sekitar 99,15 juta dan Messenger hanya mencatat sekitar 28,4 juta pengguna.

    Dari pengguna-pengguna tersebut, Meta sebagai induk perusahaan Facebook dkk melaporkan data audience dari 3 media sosial mereka, yaitu Facebook, Instagram dan Messenger.

    demografi

    Dalam laporan tersebut, Meta melaporkan bahwa pengguna mereka ternyata lebih banyak berasal dari usia 24 hingga 34 tahun atau generasi milenial dengan persentase 32,6 persen (18 persen pria dan 14,6 persen perempuan)

    Selanjutnya, meski anak-anak muda saat ini sangat populer dengan TikTok, nyatanya mereka juga masih sering membuka aplikasi seperti Instagram, Facebook, dan Messenger.

    Facebook dkk masih sering dikunjungi oleh generasi Z atau yang berumur 18 hingga 24 tahun dengan persentase pengguna 32 persen (16,6 persen pria dan 15,4 persen perempuan).

    Sebelumnya, Facebook pernah diprediksi akan mengalami penurunan pengguna kalangan belia, namun hal ini sepertinya tidak berlaku di Indonesia. Selain penggunanya yang masih terhitung banyak, data yang ditunjukkan ini merupakan kombinasi dari pengguna di 3 media sosial Meta, yaitu Facebook, Instagram dan Messenger, dimana Messenger sendiri masih termasuk ke platform Facebook.

    Baca juga: Warga Virtual Metaverse Horizon Worlds Milik Meta Tembus 300 Ribu User

    Selanjutnya, pengguna berusia 35 hingga 44 tahun memiliki persentase 13,8 persen (7,5 persen pria dan 6,3 persen perempuan), lalu pengguna berusia 13 hingga 17 persen dengan persentase 11,5 persen (5,5 pengguna pria dan 6 persen pengguna wanita).

    Kemudian sisanya, sekitar 3,8 persen pengguna Facebook dkk berasal dari pengguna dengan rentang usia mulai dari umur 55 hingga 65 lebih.

    Sementara itu, media sosial populer di luar Meta seperti TikTok memiliki basis pengguna di atas 18 tahun sebanyak 92,07 juta di Indonesia dengan jangkauan mencapai 45 persen basis keseluruhan pengguna Internet di Indonesia.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini