home ×
Digilife

Facebook Gandeng Komik Si Nopal Edukasi Publik Agar #NyamandiSosmed

12 August 2020 By
Facebook Gandeng Komik Si Nopal Edukasi Publik Agar #NyamandiSosmed
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Maraknya hoax dan ujaran kebencian membuat Facebook dan Instagram merasa perlu untuk mengedukasi publik agar bisa tetap aman di ranah online. Lewat kampanye #NyamandiSosmed, Facebook pun bekerja sama dengan komik Si Nopal.

Kampanye #NyamandiSosmed yang diadakan kedua platform itu akan dilakukan sampai sebulan ke depan. Mereka mengatakan ingin mengajak warga digital untuk memahami lebih jauh tentang kendali yang dimiliki netizen agar tetap aman dan nyaman saat bermain Facebook dan Instagram.

"Platform kami membantu orang untuk terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan perhelatan lokal, dan komunitas yang sesuai dengan minat mereka. Kami terus mengajak masyarakat di Indonesia untuk memanfaatkan fitur-fitur keamanan di Facebook dan Instagram agar dapat menikmati pengalaman di ranah online secara optimal,” kata Karissa Sjawaldy, Public Policy untuk Facebook di Indonesia, di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.

Kedua platform itupun menggandeng komikus muda Indonesia, Naufal Faridurrazak untuk mengedukasi netizen lewat Si Nopal. Bersama Cuty, Abah Enol, dan Bunda, Nopal akan menampilkan serial animasi tentang bagaimana menjadi warga digital yang cermat saat menggunakan platform digital.

Anima Si Nopal akan mengulas tentang tips dan trik mudah mengetahui berita palsu atau misinformasi, cara melindungi akun media sosial dari pembajakan (hacking) dan penipuan (phising/scamming), serta pentingnya bersikap bijak sebelum membagikan informasi atau berita. Serial ini akan tayang di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, dan di halaman Facebook Indonesia.

Selain membagikan tips tentang bagaimana bersikap lebih bijak saat menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram juga akan bekerja sama dengan Nur Alif Ramadhan, seorang kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo (@dalangpelo). Dua karakter utama akun Dalang Pelo, Acil dan Leri, akan membagikan tips dan trik mengenali akun bisnis penipu di Instagram dan Facebook melalui video animasi yang interaktif. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 13 August 2020 | 03:46:07

Ya ini bagus sekali guna mengajarkan para pengguna sosial media agar bijak dalam mmemakainya

pasha Febryandana 12 August 2020 | 23:28:32

dalang pelo kartun favorit w😽

FAHMIGAMING 1802 12 August 2020 | 23:16:16

menurut saya ini bagus sekali untuk membuat orang percaya lagi kepada kedua platform ini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article