home ×
Digilife

Facebook Hingga Spotify, Ini Daftar Pendukung Fortnite lawan Apple & Android

19 August 2020 By
Facebook Hingga Spotify, Ini Daftar Pendukung Fortnite lawan Apple & Android
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pencipta Fortnite, Epic Games, mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak karena menuntut Apple dan Google yang berujung dikeluarkannya game mereka di App Store dan Play Store.

Mereka dianggap melanggar pedoman pembayaran dengan meluncurkan metode pembayaran sendiri di aplikasi, sebagai bentuk protes karena potongan 30 persen dari Apple dan Google

Epic Games memulai kampanye media sosial melawan pembuat iPhone dengan merilis parodi dari iklan ikonik Apple "1984" dalam video game-nya, dan segera tagar "#FreeFortnite" menjadi trending di Twitter.

Baca juga: Fortnite Sumbang Rp5,3 Triliun ke Apple, Yakin Mau Diblokir Terus?

Sejumlah kelompok dan perusahaan pun mendukung keputusan Epic Games melawan aksi monopoli pengembang platform. Berikut beberapa diantaranya yang Uzone.id rangkum dari berbagai sumber

YouTuber Gamer

Gamer dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut di YouTube turun ke platform streaming video dan platform media sosial lainnya untuk berbagi pemikiran mereka tentang situasi dan menunjukkan dukungan mereka.

"Tim Sweeney (CEO Epic Games) dan semua orang di Epic, kami mendukung Anda dan terima kasih telah membela sesuatu yang lebih besar dari Fortnite di sini yang membantu kami,” ujar salah satu YouTuber Thatdenverguy, dengan subscriber 1 juta.

Spotify

Platform musik streaming Spotify menjadi salah satu perusahaan teknologi yang memang selama ini telah mengkritik model bisnis yang diterapkan Apple di dalam App Store, yakni potongan komisi 30 persen untuk perusahaan, sedangkan pengembang aplikasi hanya 12 persen.

“Beberapa perusahaan teknologi juga merasa cemas dengan kebijakan App Store milik Apple, namun masih ragu untuk bergabung atau membentuk kelompok formal karena mereka bisa berhadapan dengan isu monopoli juga,” tutur salah satu eksekutif Spotify yang enggan disebut namanya.

Dia melanjutkan, “meski begitu, tetap saja gerakan Epic telah membuka mata dan menjadi langkah besar bagi perusahaan lainnya yang ingin turut menyoroti praktik kebijakan Apple.”

Facebook

Dukungan Fortnite yang menolak rencana Apple dan Google memotong 30 persen pendapatan dari aplikasi mendapat dukungan dari Facebook. Bukan tanpa alasan, raksasa jejaring sosial ini juga pernah ditolak Apple.

Baca juga: Facebook Dukung Fortnite, Kecam Pajak 30 Persen di App Store

Jadi Facebook meminta dukungan dari Apple untuk mendukung UKM berjualan online yang terkena dampak karena pandemi.

“Kami meminta Apple untuk mengurangi pajak App Store 30 persen atau mengizinkan kami menawarkan Facebook Pay sehingga kami dapat menanggung semua biaya untuk bisnis yang berjuang selama COVID-19,” kata Head of Apps Facebook Fidji Simo dalam sebuah pernyataan.

“Sayangnya, mereka menolak permintaan kami dan [bisnis kecil] hanya akan dibayar 70 persen dari pendapatan yang diperoleh dengan susah payah,” tambahnya.

Tinder

Tinder

Dukungan lain juga disampaikan oleh Match Group, induk perusahaan aplikasi kencan online yang populer di iPhone, Tinder.

Sekarang menawarkan harga yang lebih murah di Langganan Tinder Gold jika konsumen masuk melalui situs webnya daripada melalui aplikasi.

“Kami sepenuhnya mendukung upaya Epic Games hari ini untuk menunjukkan bagaimana Apple menggunakan posisi dominannya dan kebijakan yang tidak adil untuk merugikan konsumen, pengembang aplikasi, dan pengusaha. ” dukung Match Group




Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article