Technology

Facebook Perluas Akses Internet Gratis dengan Helikopter

  • 28 April 2017
  • Bagikan :

    Keinginan Facebook membawa internet dan jaringan sosialnya ke dunia baru, mengalami peningkatan. Setelah mulai melakukan uji coba internet dengan pesawat tak berawak internet, yang akan membawa akses internet nirkabel ke negara berkembang. Kini, raksasa internet tersebut memperluas akses dengan menggunakan helikopter penyedia internet spesialis.

    Mesin otonom digunakan agar lebih dekat ke rumah. Harapannya, suatu hari nanti akan sampai di langit di atas lingkungan perkotaan.

    Helikopter kecil, yang dikenal dengan Tether-tenna, akan mengantarkan internet gratis ke daerah-daerah di mana bencana alam menghancurkan infrastruktur yang ada.

    Agar mereka dapat berfungsi, beberapa fungsi serat tetap masih dibutuhkan. Dengan helikopter ditambatkan ke jalur serat, menciptakan semacam menara internet pengganti.

    "Salah satu tujuan Facebook adalah tidak hanya menghubungkan komunitas, tapi untuk menghubungkan mereka saat mereka sangat membutuhkannya," tulis Yael Maguire menulis di sebuah posting blog resmi Facebook miliknya.

    Kabarnya, setelah selesai, teknologi ini akan dapat segera dipasang dan beroperasi untuk mengembalikan konektivitas jika terjadi keadaan darurat. Ditambahkannya, tujuan Faceboook adalah memastikan masyarakat setempat dapat tetap terhubung sementara konektivitas di dalam tanah sedang diperbaiki.

    Helikopter yang ditambatkan akan terbang beberapa ratus kaki dari tanah dan mengirimkan sinyal nirkabel ke area yang lebih luas.

    Meskipun membuat pengumuman bertepatan dengan konferensi pengembang F8 yang sedang berlangsung, Facebook telah memperingatkan bahwa internetnya yang dibawa helikopter tidak akan terbang di atas kota dalam waktu dekat.

    "Ini masih dalam tahap awal pengembangan dan banyak pekerjaan diperlukan untuk memastikannya dapat beroperasi secara otonom selama berbulan-bulan ke depan, tapi kami sangat antusias dengan perkembangan yang ada sejauh ini," kata Maguire.

    Pesawat internet Facebook telah melakukan penerbangan uji coba mereka dalam beberapa bulan terakhir dan akan diterbangkan di atas negara-negara berkembang dalam waktu yang tidak terlalu lama.

    Meski sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna, Facebook percaya bahwa dengan membawa akses internet ke miliaran orang baru, ia dapat dengan cepat mengembangkan basis pengguna bulanan aktifnya.

    Helikopter yang memasok internet hanyalah salah satu cara untuk melakukan ini. [Daily Star]

     

    Berita Terkait: