home ×
Auto

Faedah MPV Berpenggerak Depan, Bukan Berarti Gak Kuat Nanjak

06 September 2021 By
Faedah MPV Berpenggerak Depan, Bukan Berarti Gak Kuat Nanjak
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Viral video yang memperlihatkan Mitsubishi Xpander gak kuat nanjak di Sitinjau Lauik. Banyak yang berkomentar hal tersbut karena Xpander mengandalkan sistem penggerak depan.

Apakah benar? Apakah sistem penggerak roda depan membuat mobil-mobil jadi gak kuat nanjak? Belum tentu! Karena banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan mobil untuk melahap tanjakan.

“Secara keseluruhan kalau mobilnya sudah bergerak, sudah ada motion (ada momentum bergerak sebelum tanjakan) sebenarnya nggak ada masalah depan atau belakang," kata Jusri Pulubuhu, Founder & Lead Instructor in JDDC.

Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

Jadi tidak bisa menjustifikasi hanya karena sistem penggerak rodanya saja yang membuat mobil gak kuat nanjak. Kondisi kendaraan, kondisi jalan apakah sedang licin, hingga kemampuan pengemudinya tentu juga mempengaruhi.

Kalau kondisinya tidak ideal, termasuk pengemudi yang gampang panik hingga traksi kurang seperti jalan licin, maka kondisi ini membuat penggerak belakang akan menguntungkan.

"Tapi kalau semua ideal, tanjakan curam, ban ideal, pengemudinya juga tahu semua, nggak ada masalah dengan penggerak depan. Perbedaan tidak signifikan. Apalagi kalau traffic-nya tidak macet, nggak ada masalah," katanya.

Dirinya pun memberikan tips bagaimana melahap tanjakan, baik mobil dengan penggerak depan maupun belakang.

Paling penting menurut Jusri adaah menjaga momentum. Dengan memprediksi lingkungan sekitar, termasuk menjaga jarak agar momentum laju mobil tidak terganggu saat menanjak.

"Pergerakan itu akan menimbulkan momentum. Sehingga momentum ini akan membuat bobot kendaraan jadi lebih enteng karena ada gerakan momentum bukan gerakan dari mesin saja. Artinya beban mesin jadi lebih rendah." tutup Jusri.

Jadi mau mobil penggerak depan atau belakang, pengemudi sangat berperan dan fitur-fitur yang ada di mobil juga punya pengaruh signifikan.

Seperti halnya Mitsubishi Xpander yang sudah dilengkapi fitur Hill Start Assist. Fitur ini bisa membantu pengemudi Mitsubishi Xpander saat berada di tanjakan.

MPV-MPV modern saat ini sudah hampir semuanya memilih untuk menggunakan sistem penggerak roda depan. Sebab sistem ini memiliki keunggulan terbesar dalam hal efisiensi.

Penggerak roda depan memungkinkan tenaga mesin dapat sampai pada roda secara efisien dan optimal. Hal tersebut dikarenakan posisi mesin, girboks dan penggerak yang semuanya di depan.

VIDEO First Impression Motor Listrik Lokal, United T1800:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id