home ×
Digilife

Fajrin Rasyid Ungkap Dua Tantangan Digital Usai Pandemi

08 April 2021 By
Fajrin Rasyid Ungkap Dua Tantangan Digital Usai Pandemi
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak cukup berarti bagi berbagai industri di dunia. Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang terdampak pandemi.

Di sisi lain, ada beberapa sektor yang justru menunjukkan perkembangan positif. Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia menyampaikan bahwa ada beberapa sektor yang tidak terlalu terpengaruh atau bahkan justru berdampak positif, seperti internet service dan internet retail.

“COVID-19 memengaruhi banyak industri dengan berbagai cara. Namun secara keseluruhan ada dampak positif tentang transformasi digital karena pandemi,” ujar Fajrin dalam Product Development Conference 2021 yang digelar oleh Tech In Asia.

Baca juga: Kata Pengamat Soal Pencurian Data Pengguna Facebook

Meski demikian, ada beberapa tantangan yang muncul dalam dua tahun ke depan. Dua di antaranya adalah tantangan di ranah digital. Pertama, Fajrin menekankan betapa penting untuk berinvestasi di sektor kesehatan.

“Kita harus mencatat beberapa tantangan tepat dalam dua tahun ke depan. Jadi tahun ini dan mungkin tahun depan. Yang kedua terkait dengan medis. Jadi di satu sisi pandemi benar-benar menunjukkan bahwa kita perlu fokus atau lebih banyak berinvestasi di sektor kesehatan,” tuturnya dalam acara yang digelar secara virtual, Rabu (7/4).

Baca juga: Alasan Fajrin Terapkan OKR di Telkom

“Mungkin juga saat yang tepat bagi kita untuk belajar tentang kesehatan secara umum atau membangun startup tentang kesehatan,” imbuhnya.

Tantang berikutnya adalah dunia pekerjaan akan terpengaruh, bahkan setelah pandemi COVID-19 usai. Fajrin menekankan, “Misalnya, mungkin akan ada lebih banyak situasi atau aktivitas yang dilakukan secara online, bahkan setelah pandemi selesai.”

Ke depan, Fajrin berpendapat bahwa beberapa kegiatan akan tetap berlangsung secara online atau masih ada beberapa unsur online dalam kegiatan tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article