home ×
Auto

Fakta 10 Mobil Terlaris 2019, Dominasi Mobil Murah, Innova Paling Mahal

24 January 2020 By
Fakta 10 Mobil Terlaris 2019, Dominasi Mobil Murah, Innova Paling Mahal
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah merilis hasil penjualan para pabrikan otomotif di Tanah Air sepanjang tahun 2019 lalu dari Januari sampai Desember.

Hasilnya, ada beberapa fakta unik dan menarik dari pencapaian mobil-mobil yang paling banyak dibeli sepanjang tahun lalu itu.

Baca juga: Mobil Tercepat dalam Satu Dekade

1. Didominasi mobil keluarga 7 penumpang

Kalau diperhatikan, dari jajaran 10 mobil paling laris, dominasinya adalah MPV berjenis 7 penumpang dengan rentang harga medium, artinya bukan mobil mewah dan cenderung menengah ke bawah.

Mulai dari Avanza, Xpander, Rush, Terios, Calya, Sigra, sampai Ertiga dan Innova, semuanya adalah MPV 7 penumpang, yang artinya sekitar 80 persen mendominasi jajaran 10 mobil terlaris selama setahun.

2. Tren MPV dan mobil murah masih kuat

Kalau banyak yang bilang tren SUV sedang naik daun di Indonesia, kayaknya enggak juga. Sebab, dari jajaran mobil terlaris sepanjang tahun 2019, hanya ada dua yang disebut SUV, yakni Rush dan Terios.

Kemudian ada dua citycar yang keduanya masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) yang diwakili Honda Brio Satya dan juga Toyota Agya. Sisanya, hampir semua adalah MPV 7 penumpang.

3. Toyota jadi merek mobil paling banyak

Toyota juga jadi merek terbanyak yang menyumbangkan mobilnya di daftar 10 mobil terlaris, mulai dari Avanza, Rush, Calya, Innova dan Agya.

Kemudian, ada Daihatsu yang diwakili oleh Terios dan Sigra, baru kemudian Honda, Mitsubishi dan Suzuki, masing-masing menempatkan satu mobilnya di jajaran 10 mobil terlaris sepanjang tahun 2019.

4. Didominasi mobil murah, Innova paling mahal

Dari 10 jajaran mobil terlaris tahun 2019 tersebut, hampir semuanya punya banderol dibawah Rp 300 jutaan, kecuali Toyta Innova. Karenanya, ini merupakan mobil paling mahal di jajaran 10 mobil terlaris.

Kemudian, komposisi antara mobil murah LCGC dan mobil non LCGC sebenernya merata, mobil murah LCGC menyumbang empat model melalui sosok Brio Satya, Calya, Sigra juga Agya.

5. Brio Satya dan Toyota Rush Melesat

Pergeseran posisi dari tahun sebelumnya juga terjadi. Kalau Avanza dan Xpander gak tergeser, setidaknya dibawah mereka berdua, terjadi pergeseran sengit.

Setidaknya, kalau biasanya Innova ada di jajaran 5 besar terlaris, kali ini udah gak. Namun, di jajaran elit 5 besar tersebut, ada Toyota Rush dan Honda Brio Satya yang mejeng sebagai pendatang baru di papan atas.

VIDEO Kia Seltos First Impression

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id