icon-category Film

Fakta-fakta tentang Stan Lee yang Menarik untuk Disimak!

  • 17 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Nama Stan Lee erat kaitannya dengan komik Marvel yang dia ciptakan beberapa dekade lalu. Kepergian Lee pada 12 November 2018 di Los Angeles, California tak cuma menyisakan kesedihan, namun juga warisan karya superhero yang akan selalu dicintai oleh penggemar.

    Selain menjadi ikon komikus legendaris, apa saja yang para fans ketahui tentang sosok Lee? Mumpung masih dalam momen mengenang Lee, yuk simak deretan fakta menarik tentang kreator semesta Marvel yang wafat di usia 95 tahun ini.

    Baca juga: Mengenang Stan Lee dan Cameo di Film-film Marvel

    1. Dimulai dari nama aslinya.

    Lee lahir dengan nama Stanley Martin Lieber pada 28 Desember 1922 di Manhattan, New York City. orangtuanya adalah imigran Yahudi keturunan Rumania.

    2. Hobi menulis sejak usianya masih muda. Dia pernah bermimpi untuk bisa menulis buku literasi Amerika Serikat suatu hari.

    via GIPHY

    3. Bergabung di militer Perang Dunia II dari 1942 sampai 1945. Selama mengabdi menjadi tentara, Lee kerap menulis skrip untuk pelatihan film sebagai bagian dari unit militer Signal Corps.

    4. Selama era 1960an, Lee kerja bareng dengan kolega terdekatnya, Jack Kirby dan Steve Ditko. Dua nama tersebut juga bertanggung jawab atas terbentuknya semesta Marvel untuk sama-sama mengembangkan kisah, karakter, hingga animasi komik.

    5. Bersama rekan kerjanya, Lee mengumumkan kelompok superhero bernama Fantastic Four pada 1961 sekaligus memperkenalkan karyanya itu sebagai rival Justice League dari DC Comics.

    via GIPHY

    6. Setelah Fantastic Four, Lee dan koleganya mengembangkan superhero lain. Di antaranya Spider-Man yang kerap dianggap sebagai ‘anak’ kesayangan Lee, The Incredible Hulk, Iron Man, Captain America, Thor, dan kumpulan mutan X-Men.

    7. Selalu ingin membuat karakter businessman superhero dan lahirlah Iron Man. Lee pernah mengatakan, “saya pikir akan menyenangkan jika membuat karakter yang tidak disukai orang-orang dan para pembaca, namun di saat yang bersamaan karakternya memaksa orang-orang untuk menyukainya dan membuatnya jadi terkenal.”

    8. Pada tahun 1972, Lee menjadi penerbit Marvel. Kemudian di 2001, Lee mendirikan POW! Entertainment, perusahaan yang mengembangkan film dan serial televisi khusus superhero.

    via GIPHY

    9. Menerima penghargaan American National Medal of the Arts dari mantan presiden George W. Bush pada 2008 silam.

    10. Pada Januari 2011 Lee mendapatkan bintang Hollywood Walk of Fame di usia 88 tahun, masa di mana dirinya menyibukan diri mengembangkan yayasan Stan Lee Foundation.

    11. Di awal 2018, Lee sempat berurusan dengan pihak hukum. Pertama, dia dituding telah melakukan pelecehan seksual terhadap perawat muda yang mengurusnya di rumah. Kedua, Lee menuntut POW! Entertainment dengan tuduhan pencurian identitas.

    12. Kata khasnya adalah “Excelsior!”. Motto khas Lee yang berasal dari bahasa Latin itu memiliki arti “upward and onward to greater glory.”

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

    Selamat malam, cari berita apa hari ini?

    Pencarian Trending