home ×
Auto

Fakta Mustang Shelby Eleanor yang Terbakar, Replika yang Original!

27 July 2021 By
Fakta Mustang Shelby Eleanor yang Terbakar, Replika yang Original!
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Mustang Shelby apalagi yang dijuluki Eleanor, sejatinya adalah mobil langka gak hanya di Indonesia, tapi di dunia. Dan kemarin, satu unit Eleanor ludes terbakar. Kami sedih..

Mobil ini sebenarnya sudah populer di eranya. Dan Ford Mustang adalah sebuah nama besar. Apalagi ketika timnya Carroll Shelby turun tangan untuk mempermak mobil tersebut agar siap balapan.

Karenanya, lahirlah Ford Mustang Shelby. Pada 1964, Shelby diminta mengembangkan sebuah mesin berperforma tinggi Mustang GT500 yang masih populer sampai sekarang.

Baca juga: Jajal Mobil Listrik Termurah MG ZS EV, Kencangnya Senyap!

Sementara mobil yang terbakar itu, kelahiran tahun 1967. Hasil restorasi yang semua komponennya menggunakan Unique Performance, yang mendapatkan lilsensi dari Shelby untuk mengembangkan replika dari Mustang Shelby.

Karena punya lisensi Shelby, maka secara resmi mobil yang terbakar kemarin tersebut resmi diakui sebagai GT500 E dengan nomor rangka yang teregistrasi resmi di data base Shelby.

Bisa dibilang, itu adalah mobil replika yang original. Dan karena Unique Performance itulah, siapapun kini bisa membangun Mustang Shelby sampai 100 persen utuh.

Shelby GT500 mempunyai tampilan fisik yang lebih atletis dengan fascia depan yang dilengkapi dengan 4 lampu dan di kap mesin terdapat divided air scoop.

Hasil rancangan Chuck McHose dari Ford Motor Company bisa mewujudkan beberapa panel bodi yang lebih aerodinamis dengan air scoop pada pilar C, panel bodi samping dekat fender roda belakang, dan spoiler di bodi bagian belakang.

Dan di dalam kabin, ada panel instrumen dengan speedometer 140 mph dan tachometer 8.000 rpm. Tak ketinggalan pengukur tekanan oli mesin dan pengukur arus listrik buatan Stewart Warner.

Gak lupa, ada satu fitur yang merefleksikan ciri khas mobil balap pada GT ini, yakni roll bar 2 titik dengan busa padding yang melintang di dalam kabin!

Namanya muscle car, mesin jadi fokus agar memiliki performa monster. GT500 menggunakan mesin Ford FE 428 berkapasitas 7.0 liter ‘Police Interceptor’.

Mesin ini dilengkapi dengan sepasang karburator Holley 4-barrel 600-cfm ini memiliki tenaga yang tergolong konservatif, yakni 355 hp, berpadu dengan transmisi manual Toploader 4-speed atau otomatis C6 Cruise-O-Matic 3-speed.

Kaki-kaiinya mengandalkan sokbreker buatan Gabriel. Traction bar dan perangkat LSD dilepas, geometri suspensi depan diubah, dan per belakang kini dilengkapi karet yang disebut sebagai ‘hopper stoppers’.

Hasil racikan tersbeut, mecatatkan akselerasi 0-100 kpj kurang dari 5 detik, dan kecepatan maksimalnya tembus 213 kpj.

VIDEO Bocoran Toyota Avanza & Honda BR-V Terbaru, Berubah Biar Laris Lagi:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id