icon-category Auto

Fakta Pertamax Turbo, 'Bensin Sultan' yang Masih Dijauhi karena Mahal

  • 02 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Pertamina)

    Uzone.id – Melihat harga Pertamax Turbo yang saat ini dijual Rp17.100 per liter, bagi sebagian besar masyarakat berpikir dua kali untuk membeli BBM jenis RON 98 (setara Euro IV) ini untuk dikonsumsi oleh kendaraan mereka.

    Pertamax Turbo memang diciptakan bukan untuk kendaraan biasa, melainkan diperuntukkan bagi kendaraan yang punya mesin performa tinggi.

    Mungkin sebagian dari kamu belum tahu bagaimana Pertamina akhirnya menciptakan bahan bakar jenis Pertamax Turbo sebagai tuntutan semakin banyak kendaraan yang menggendong mesin canggih.

    Nah, kami pun menyajikan fakta-fakta menarik mengenai Pertamax Turbo yang mungkin sangat berguna bagi pembaca. Referensi terkait Pertamax Turbo kami lansir dari situs resmi Pertamina.

    1. Pertamax Turbo diuji coba di ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo

    Ilustrasi (Foto: Pertamina

    Pertamina tak gegabah dalam memasarkan produk Pertamax Turbo di Indonesia. Bensin oktan RON 98 ini lebih dulu diuji coba dalam ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European di tahun 2016, di Srikuit Vallelunya, Italia.

    Hal itu membuat Pertamina dan Centro Petroli Roma (CPR) selaku mitra Lamborghini bekerja sama dalam mendistribusikan bahan bakar Pertamax Turbo ke sirkuit-sirkuit di seluruh Eropa.

    Pertamax Turbo pun digunakan di 4 balapan yakni di Monza (Italia), Silverstone (UK), Paul Richard-(Prancis), dan Spa Francorchamps (Belgia).

    2. Keunggulan yang dimiliki Pertamax Turbo

    Ilustrasi (Foto: Pertamina

    Pertamax Turbo hadir untuk menjawab perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih seperti penggunaan supercharger, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi.

    Pertamax Turbo cocok digunakan bagi kendaraan dengan mesin berperforma dengan perbandingan kompresi lebih dari 12 sehingga bikin akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin.

    Selain itu, Pertamax Turbo ramah lingkungan karena bisa mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik.

    3. Harga Pertamax Turbo pertama Kali dijual Rp8.700 per liter

    Ilustrasi (Foto: Pertamina

    Tahukah kamu kalau Pertamax Turbo pertama kali dijual Rp8.700 per liter di kawasan Jakarta di bulan Agustus 2016 sebagai hadiah HUT Ke-71 Kemerdekaan Indonesia.

    Ada 8 SPBU Pertamina saat itu yang pertama kali menjual Pertamax Turbo, yakni SPBU COCO MT Haryono, SPBU COCO Pondok Indah, SPBU COCO Rasuna Said, SPBU COCO Pramuka, SPBU COCO Abdul Muis, SPBU COCO Cikini, SPBU COCO Yos Sudarso, dan SPBU DODO Pantai Indah Kapuk.

    4. Pertamax Turbo dikonsumsi Bentley Bentayga V8

    Bentley Bentayga V8 (Foto: Bentley)

    Bentley pun mempercayakan Pertamax Turbo untuk jadi bahan bahan bakar Bentley Bentayga V8 pada test drive perdana di Indonesia pada tahun 2018.

    Acara bertajuk Bentley Bentayga V8 Dynamic Driving Experience digelar di Jakarta, Medan dan Bandung.

    COO Bentley Jakarta, Roland Staehler, mengatakan bahwa Pertamax Turbo dipilih karena kualitas RON 98 dan kandungan sulfur lebih rendah serta dilengkapi dengan aditif Ignition Boost Formula (IBF) sehingga memiliki emisi yang rendah dan menambah akselerasi.

    5. Pertamax Turbo gantikan Pertamax Plus

    Ilustrasi (Foto: Pertamina

    Pertamina sengaja menjual Pertamax Turbo di Indonesia untuk menggantikan Pertamax Plus (RON 95). Konsumen yang saat itu menggunakan Pertamax Plus disarankan beralih ke Pertamax Turbo serta masyarakat yang menggunakan mobil keluaran terbaru dengan spesifikasi bahan bakar kelas sultan.

    6. Pertamax Turbo diproduksi di Kilang Balongan

    Ilustrasi (Foto: Pertamina

    Pertamax Turbo saat ini diproduksi di kilang PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

    RU VI Balongan sudah mulai beroperasi sejak tahun 1994 yang memiliki bidang usaha mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM, dan Petrokimia.

    Pertamax Turbo memiliki kadar sulfur di bawah 50 ppm (part per million) dan nilai RON 98.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini