icon-category Startup

Figma Dicaplok Adobe Senilai Rp298 Triliun

  • 16 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – Platform desain kolaboratif Figma, resmi diakuisisi perusahaan saingannya, Adobe senilai USD20 miliar atau setara dengan Rp298,71 triliun.

    Kabar pengakuisisian ini jadi berita besar dalam dunia desain dan pengembangan, pasalnya perusahaan Figma sudah menjadi pesaing terbesar Adobe dalam beberapa tahun terakhir.

    Adobe sendiri merasa bahwa dengan adanya kolaborasi ini akan menciptakan peluang dan kemampuan pasar yang besar ke depannya.

    “Bersama-sama, Adobe dan Figma akan menata ulang masa depan kreativitas dan produktivitas, mempercepat kreativitas di web, memajukan desain produk, dan menginspirasi komunitas global pembuat, perancang, dan pengembang,” terang Adobe, dikutip dari The Verge.

    Baca juga: Adobe Beli Software Marketing Workfront Rp21 Triliun

    Didirikan oleh Dylan Field dan Evan Wallace sejak 10 tahun lalu, Figma dijadikan andalan oleh ribuan desainer dan pengembang di Microsoft untuk membangun bisnis mereka mulai dari Office, Windows, dan banyak lagi.

    Dengan Adobe mengakuisisi Figma kemungkinan akan banyak melibatkan bundling produk dan layanan Figma sendiri ke dalam Adobe Creative Suite di masa depan.

    Baca juga: Adobe Beli Charles Geschke Meninggal Dunia

    Sebaliknya, Figma juga akan memanfaatkan keahlian Adobe dalam hal 3D video, vektor, imaging, dan font untuk meningkatkan desain produk di web mereka.

    “Adobe sangat berkomitmen untuk menjaga Figma tetap beroperasi secara mandiri,” ujar Dylan Field, pendiri dan CEO Figma.

    Field turut mengatakan bahwa perusahaan gabungan ini akan mengembangkan alat dan ruang baru untuk memberdayakan pelanggan agar dapat merancang produk lebih cepat dan mudah.

    Sampai tulisan ini dibuat, Adobe belum memberikan detail soal visi atau rencana jangka panjangnya, tetapi perusahaan akan mengadakan konferensi dengan para investor terkait secepatnya.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini