icon-category Auto

FIN Komodo Dikerahkan Dalam Evakuasi Korban Erupsi Gunung Semeru

  • 10 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    FIN Komodo KD 250 X model Medevac berada di kawasan bencana alam erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Foto: Instagram @ibnu_susilo)

    Uzone.id - Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, terjadi pada Sabtu (4/12/2021) dan telah meninggalkan duka mendalam.

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (6/12) melaporkan sedikitnya 22 orang meninggal dunia, 22 orang hilang dan 56 lainnya mengalami luka.

    PT FIN Komodo Teknologi, yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat, telah mengirimkan bantuan dengan mengerahkan dua unit FIN Komodo tipe Medevac (Medical Evacuation) dan tipe Observer.

    FIN Komodo (Foto: Instagram @ibnu_susilo)

    Presiden Direktur FIN Komodo Teknologi, Ibnu Susilo, membagikan informasi tersebut melalui akun Instagram pribadinya, @ibnu_susilo.

    Telihat satu foto yang memperlihatkan dua unit FIN Komodo dengan model yang disebutkan di atas berada di atas truk towing dan bersiap-siap diantar ke lokasi bencana.

    Kemudian, foto kedua memperlihatkan FIN Komodo model Medevac tengah berada di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.  

    FIN Komodo (Foto: Instagram @ibnu_susilo)

    "Bismillah... Kirim 2 unit FIN Komodo type Medevac (Medical Evacuation) dan type Observer tadi sore meluncur dari Cimahi menuju Lumajang untuk mendukung team relawan Semeru dari alumni ITS dan Basarnas. . Semoga memberikan manfaat meringankan beban para relawan di lapangan.. Aamiin," tulis Ibnu.

    Spesifikasi FIN Komodo

    FIN Komodo yang dijual sekarang merupakan model KD 250 X atau generasi ke-5. Seri ini pengembangan dari generasi sebelumnya dengan beberapa improvement yang mengadaptasi dari Kendaraan Intai Tempur hasil kerjasama dengan Dislitbang TNI-AD karena banyaknya permintaan dari pasar untuk membeli Kendaraan Intai tempur tersebut sehingga perusahaan membuat menamakannya FIN Komodo KD 250 X.

    FIN Komodo KD 250 X diluncurkan di ajang pameran otomotif IIMS pada 27 Mei 2017 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

    Perbedaan mendasar FIN Komodo KD 250 X dibanding dengan generasi sebelumnya adalah facelift, ukuran nya yang lebih lega serta lebih tinggi, dashboard yang lebih mewah, dilengkapi dengan USB, lampu yang sudah menggunakan lampu LED, dan lainnya.

    FIN Komodo KD 250 X memiliki detail sebagai berikut:

    1. Rangka

    Rangka FIN Komodo KD 250 X pakai tubular dengan system monocoque, dan dianalisa dengan menggunakan metoda perancangan pesawat terbang, sehingga mendapatkan rangka/bodi yang ringan tetapi kokoh untuk digunakan di medan off-road, serta dapat melindungi penumpang dari kondisi yang ekstrem secara aman.

    2. Bodi

    Bodi FIN Komodo KD 250 X dibuat ringan dan kuat terbuat dari bahan komposit guna menahan lumpur dan kerikil yang dapat membahayakan pengemudi/penumpang serta untuk kenyamanan berkendaraan.

    3. Suspensi

    Suspensi FIN Komodo KD 250 X pakai sistem double wishbone yang full independen baik untuk suspensi depan maupun belakang guna mendapatkan kenyamanan yang optimal pada jalanan aspal, batu, tanah, lumpur baik kondisi kering maupun basah, serta aman bila digunakan untuk jalanan menikung atau yang sifatnya memiliki kemiringan.

    4. Band

    FIN Komodo KD 250 X pakai ban khusus untuk medan off-road, serta ringan tipe all terrain dapat digunakan pada jalanan kering maupun basah.

    5. Mesin

    FIN Komodo KD 250 X pakai mesin 4-langkah All Terrain Vehicle (mesin kendaraan segala medan), silinder 250 cc dan memiliki torsi maksimum 17,6 Nm @5500 Rpm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis.

    6. Sistem Penggerak

    Kendaraan ini pakai sistem penggerak dua roda belakang yang di kunci pada sebuah poros roda (axle) dan ditransmisikan oleh rantai/sprocket.

    6. Rem

    Kemudian, untuk sistem pengereman pakai cakram yang dipasangkan di roda depan dan roda belakang, guna mendapatkan system pengereman yang optimum dan daya cengkeram ban di tanah yang stabil pada kondisi kering atau basah.

    7. Steering System

    FIN Komodo KD 250 X pakai steering system rack and pinion, sehingga pengendalianya sama dengan mobil biasa pada umumnya.

    8. Lampu

    Kendaraan ini dilengkapi lampu depan, lampu rem dan lampu sign sehingga dapat dioperasikan pada malam hari.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini