icon-category Auto

First Drive Chery Tiggo 8 Pro Max yang Mau Masuk RI, Spek Rata Kanan!

  • 31 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Chery punya flagship SUV di Indonesia melalui sosok Chery Tiggo 8 Pro. Kala itu saat mencobanya, kami berkesimpulan kalau mobil ini over power dan comfort. Lalu bagaimana dengan versi penyempurnaannya yang kini dibelakang angka 8 terdapat emblem Pro Max?

Apakah layarnya lebih jernih? Apakah baterainya lebih besar? Ah, ini kan mobil bukan iPhone…

Baiklah, mari kita bahas bagaimana rasanya nyetir Chery Tiggo 8 Pro Max langsung di negara asalnya, China. Kami kedapatan unit versi AWD yang menggunakan mesin 2.000cc turbo.

Tampilan sedikit lebih keren dari sebelumnya

alt-img

Sebelum mengulas impresi berkendaranya, kami ingin menunjukkan apa yang dilakukan Chery untuk menyempurnakan tampilan dari Tiggo 8 Pro Max ini. Tidak banyak, tapi cukup signifikan menyegarkan tampilannya.

Grillnya baru, meski masih dengan motif berlian. Kemudian, logo Chery dibuat rata dengan grill dan bisa menyala kalau lampu dihidupkan.

Di bagian samping, tersedia pelek berukuran 19 inci yang punya desain baru. Juga tersedia footstep di sisi kanan dan kiri bodi mobil, memudahkan untuk akses keluar masuk kabin.

Ubahan paling jelas ada di belakang, dimana kini tampilannya lebih berasa mewah dan modern berkat lampu kombinasi yang dibuat melebar dari sisi kanan dan kiri bodi mobil.

alt-img

Masuk ke dalam kabin, barulah ubahannya terasa signifikan. Terutama berkat hadirnya intelligent dual screen berukuran total 24,6 inci. Dual screen ini membagi antara MID dan pusat pengaturan dan hiburan kabin.

Pengaturan AC juga tidak lagi menggunakan layar besar yang terintegrasi dengan konsul tengah, namun diletakkan di dasbor. Kemudian, konsul tengah lebih mirip dengan Omoda 5, sehingga terlihat lebih futuristis.

Sayangnya, Chery tidak lagi menyediakan sandaran kepala yang sisi kanan dan kirinya bisa ditekuk seperti sandalan kepala pada pesawat. Padahal, ini penting sekali untuk kenyamanan saat di dalam kabin.

Impresi berkendara yang super nyaman dengan performa mesin ganas

Sektor impresi berkendara selalu jadi bagian paling menarik dari Chery Tiggo 8. Baik yang Pro apalagi yang Pro max ini, karena tersedia beberapa pilihan mesin dan sistem penggerak roda.

Ada yang 1.600cc turbo, ada yang 2.000cc PHEV Hybrid, dan 2.000cc turbo AWD seperti yang kami coba ini.

alt-img

Diatas kertas, mesin 2.0000cc turbo ini masih sama dengan versi Tiggo 8 pro yang sudah dijual di Indonesia. Sebuah mesin yang menurut kami over power, dengan tenaga sebesar 250 Hp dan torsinya 390 NM.

Tenaga buas tersebut disalurkan melalui transmisi kopling ganda DCT dengan 7 speed. Menariknya lagi, kini sistem penggeraknya sudah semua roda All Wheel Drive (AWD).

Kesenyapan kabin dan kenyamanan di dalamnya masih superior. Ditambah, bantingan suspensi yang terasa mahal. Lembut dan halus, minim guncangan dan tetap stabil saat dikebut di kecepatan tinggi.

Pergerakannya juga cukup lincah dan minim body roll, seperti sedang mengendarai Omoda 5 GT, tapi dengan dimensi yang lebih besar. Kami suka dengan kenyamanan di kabin dan redaman suspensinya.

alt-img

Untuk akselarasi, jangan ditanya. Mending cobain langsung! Tapi sebelumnya, ada baiknya kalian coba ‘menyekolahkan’ kaki kanan saat menginjak pedal gas. Kenapa?

Karena dengan besaran tenaga tersebut, pergerakan mobil ini jadi sangat responsif. Asik untuk penyuka kecepatan dan suka berakselarasi.

Selain responsif, tenaganya juga mengisi terus dan perpindahan gigi terasa cepat juga halus, seperti transmisi CVT, tapi dengan kopling ganda DCT, jelas jauh lebih ‘menggigit’.

Kesimpulan

Rasanya, kami tidak sabar untuk menanti Chery Tiggo 8 Pro Max ini hadir di Indonesia. Apalagi kalau Chery juga memboyong versi mesin PHEV hybrid-nya, pasti bakal menarik dan bikin geregetan orang-orang yang mau mencoba mobil garapan China, dengan spek rata kanan, tapi harga lumayan ke kiri..hehe.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini