icon-category Auto

First Drive Suzuki Spresso: Jangan Langsung Dibully, Ternyata Enak!

  • 19 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Suzuki emang nekat sebenarnya menghadirkan mobil terbarunya Spresso. Gimana enggak, menjual mobil di Indonesia tuh gak sekedar berharga murah, tapi banyak pertimbangan lain yang juga harus jadi value.

    Suzuki Spresso aja, begitu diperkenalkan di Indonesia, langsung ‘kena sikat’ maha benar Netizen Indonesia. Banyak yang membully mini SUV dari Suzuki ini.

    Tapi faktanya, pesanannya sudah menyentuh lebih dari ribuan unit. Lho kok bisa? Ya artinya meski di bully banyak juga kok warga yang tertarik dan membeli.

    Karena kenyataannya juga, gak semua mobil baik yang mahal maupun yang murah, di hadirkan untuk di mendang-mendingin, tapi ya untuk di beli.

    Nah, biar gak harus bully membuly, kami pun lebih memilih untuk mencobanya langsung di ajang GIIAS 2022 ini, kebetulan tersedia unit test drive-nya. 

    Bagaimana rasanya? Ternyata enak!

    Ya, itu kesimpulan awal kami begitu masuk ke dalam kabinnya dan menyalakan mesinnya. Meski bagian dalam kap mesin tanpa peredam, tapi suara mesin saat idle tipis-tipis aja kedengeran di ruang kabin.

    Getaran mesin khas 3 silindernya juga gak kasar-kasar amat dan menurut kami masih dalam taraf yang wajar. 

    Posisi duduknya tinggi, sehingga moncong depan terlihat. Posisi duduk juga cukup nyaman dan jarak pundak ke setir masih pas, meski setirnya fix, gak bisa dinaik turunkan dan tinggi rendahkan.

    Barulah sekarang kita mulai mengajak mobil ini berjalan. Dimulai dengan memindahkan tuas transmisi AMT ke…, ah, transmisi ini, begitu melihatnya di sebuah mobil, jujur kami langsung pesimis. Ini salah satu transmisi yang kami kurang suka, meski jadi bikin cost produksi murah.

    Fokus, fokus, mari pindahkan tuasnya ke posisi D. Dan begitu menginjak pedal gas. Hmm, ini mobil enak (untuk kelasnya ya). 

    Meski hanya bermesin 1.000cc 3 silinder, bertenaga 67 Hp dan torsi 90 Nm, akselarasi awalnya cukup responsif. Dan lumayannya, perpindahan gigi tidak terasa terlalu mengayun khas transmisi AMT ini. 

    Masih relatif diwajarkan. Barang kali Suzuki sudah melakukan tuning lebih lanjut untuk mengoptimalkan kinerja transmisi ini.

    Mobil pun melaju normal. Raungan meisn hanya terdengar jelas saat kami mau mencoba akselarasi, sisanya, kabin relatif sepi. 

    Bantingan suspensinya juga wajar. Meski ini SUV, tapi jelas Suzuki merancangnya untuk digunakan sebagai daily use kaum urban, sehingga perlu sedikit keempukkan, utamanya saat harus melewati jalan jelek dan polisi tidur.

    Hanya diisi satu orang, ketika melindas polisi tidur, memang suspensinya masih terasa mantul, tapi kalau penumpang ditambah lagi, kami rasa cukup pas nanti bantingannya.

    Begitu juga ketika menguji tanjakan buatan di area test drive. Sengaja kami berhenti di tengah tanjakan dan mulai ngegas lagi. Kondisi seperti ini pun bisa dilewati dengan mulus oleh Spresso.

    Kesimpulannya, untuk kalian yang baru mau punya mobil pertama dan hanya punya budget pas-pasan, Spresso bisa jadi pilihan. Sepak terjang Suzuki di dunia mobil kecil sudah gak diragukan. Dan ketimbang bully membully, mending ayok coba langsung aja!

    VIDEO First Drive Suzuki Spresso:

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini