First Ride Vespa Elettrica, Tenaga Instan dan Bisa Mundur!
Uzone.id - PT Piaggio Indonesia akhirnya meluncurkan motor listrik yang telah lama ditunggu yakni Vespa Elettrica. Skuter Italia berbasis listrik ini banyak dinanti-nanti karena telah meluncur secara global sejak tahun 2019 silam.
Begitu dirilis di Indonesia, tidak tanggung-tanggung PT Piaggio Indonesia memberikan kesempatan kepada media untuk menjajal motor listrik tersebut. Kami pun sempat melakukan test ride di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 kemarin dan di kawasan Plaza Senayan.Posisi duduk
Duduk di atas Vespa Elettrica sebenarnya tidak jauh berbeda dari Vespa Primavera. Mengingat secara struktur keduanya mirip-mirip dengan konfigurasi suspensi depan dan belakang yang juga sama.
Hanya saja, di Vespa Elettrica alih-alih menggunakan ban 12 inci di belakang, justru menggunakan ukuran 11 inci. Sehingga secara ukuran menjadi belang antara ban depan dan belakangnya.
Namun hal ini tidak banyak mengubah posisi duduk dari Vespa Elettrica. Artinya posisi berkendara masih cukup tinggi seperti skuter Vespa pada umumnya dengan postur tubuh yang tegak dan setang yang dekat dengan pengemudi.
Untuk dapat memijakkan kaki pun masih harus jinjit alias tidak bisa menapak dengan sempurna, berbeda dari skutik-skutik buatan Jepang.
Bagian jok juga dirasa cukup nyaman menopang semua tubuh pengendara, sehingga tidak mudah pegal dan sakit.
Handling
Mengenai handling, dari Vespa Elettrica masih sama seperti posisi duduk yakni mirip dengan Vespa Primavera. Dengan ukuran ban yang kecil namun tapak yang lebar, masih dapat bermanuver cukup stabil.
Penggunaan suspensi single shockbreaker di depan dan di belakang ternyata tetap dapat membuat skuter Italia berpenggerak listrik ini cukup stabil.
Untuk bantingannya sendiri, sebenarnya Vespa Elettrica terbilang cukup tegas untuk sebuah skuter yang masuk ke dalam kategori premium. Mungkin menggantinya dengan komponen aftermarket dapat membuat motor listrik ini sedikit lebih empuk.
Performa Penggerak Listrik
Kalau soal penggerak listriknya tentu tidak usah ditanya lagi. Kualitas Vespa langsung dari Italia membuktikan spesifikasi dan kualitas yang diberikan berbeda dari kembaran Vespa yang saat ini banyak beredar.
Berbekal penggerak listrik yang mampu menghasilkan tenaga 4 kW dan torsi 200 Nm, dibantu dengan baterai LG Chem berkapasitas 48 V 86 Ah, Vespa Elettrica sangat menyenangkan untuk dibawa jalan-jalan.
Dibantu dengan mode berkendara Eco yang dapat memaksimalkan jarak tempuh, mampu melaju hingga 40 km/jam, dirasa masih sangat cukup untuk melintasi Ibukota yang dikenal dengan kepadatan lalu lintasnya.
Jika dirasa masih kurang, tentu bisa memilih mode berkendara Power yang membuat Vespa Elettrica bisa menembus kecepatan hingga 70 km/jam.
Berkat torsi yang tinggi, Vespa Elettrica pun bisa berakselerasi lebih instan dibandingkan skuter pada umumnya. Meskipun tidak bisa mencoba kekuatannya secara penuh, namun jambakan torsi dari tarikan bawah sudah cukup menggambarkan performanya.
Seperti motor listrik pada umumnya, Vespa Elettrica tidak mengeluarkan bising seperti motor konvensional. Namun terdapat suara dinamo penggerak listriknya yang cukup kencang terdengar hingga ke telinga pengendara.
Di sisi lain, PT Piaggio Indonesia juga membekali Vespa Elettrica dengan penggerak mundur bernama Reverse. Dengan demikian, penggunanya tidak perlu repot memundurkan motor ketika tanjakan.
Kesimpulan
Vespa Elettrica menjadi bukti kualitas sesungguhnya dari Piaggio soal motor listrik yang memadai dibandingkan kembaran-kembarannya buatan China. Secara performa dan kualitas, tentunya menjadi pembeda paling besar untuk Vespa Elettrica.
Namun jika berbicara harga jual, tentunya sangat berbanding jauh, mengingat Vespa Elettrica dijual seharga Rp198 juta yang mana setara dengan mobil city car atau LCGC terbaru.