home ×
Digilife

Fitur Android 11, Banyak Peningkatan di Keamanan dan Privasi Pengguna

09 September 2020 By
Fitur Android 11, Banyak Peningkatan di Keamanan dan Privasi Pengguna
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Google telah resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya, Android 11. Pengumuman ini menyusul setelah dilakukannya uji coba versi beta selama beberapa bulan sebelumnya.

Pembaharuan sistem operasi terbaru dari Google ini telah melibatkan beberapa merek smartphone yang ada di pasaran. Dilansir melalui ZDnet.com, Rabu, 9 September 2020, selain Google Pixel seri 2 ke atas, beberapa perangkat yang telah mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Android 11 adalah OnePlus, Xiaomi, Oppo dan Realme.

Fitur di Android 11 yang paling mendapatkan perhatian adalah sisi keamanan yang diubah sedemikian rupa, khususnya dalam hal pengaturan privasi aplikasi. Contohnya, Google memberikan kesempatan kepada pengguna untuk melakukan izin privasi setiap kali membuka aplikasi, seperti mengakses microphone, kamera, maupun lokasi.

Baca juga: Pengguna Oppo Bisa Cicipi Android 11

Biasanya, pengguna hanya butuh sekali saja untuk menyetujui akses aplikasi terhadap fitur-fitur tersebut di perangkat. Nah, dengan Android 11, keamanan privasinya lebih ditingkatkan, untuk mengantisipasi kebutuhan anda guna menutup akses aplikasi tersebut terhadap perangkat kita saat aplikasi tidak digunakan.

Selain itu, ada juga penambahan fitur privasi yang memungkinkan perangkat untuk otomatis melakukan reset terhadap permissions app yang tidak digunakan dalam waktu lama. Hal ini mencegah aplikasi mengakses hal-hal yang tidak perlu saat tertutup. Ini berlaku untuk aplikasi yang sudah diinstal namun hanya digunakan satu atau dua kali.

Google juga memberikan pembaharuan terhadap cara kerja OS Android memisahkan data personal dan kerjaan. Bagi pengguna Android, kini bisa memisahkan data personal dan data kerjaan di dalam smartphone sehingga mencegah admin IT perusahaan mengakses file-file personal kita.

Sayangnya, belum ada tanggal yang pasti kapan Google akan menghadirkan Android 11 ini ke smartphone-smartphone lainnya seperti Samsung, atau perangkat yang umurnya lebih dari setahun.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article