icon-category Gadget

Fitur Baru di ColorOS 13, Lebih Pintar, Aman dan Intuitif

Fitur-fitur di ColorOS 13

Uzone.id - Oppo jadi salah satu OEM pertama di dunia yang menggulirkan pembaruan sistem operasi berbasis Android 13 terbaru. Pabrikan asal China tersebut telah resmi merilis update ColorOS 13 yang menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13 ke smartphone yang mendukung secara global.

ColorOS 13 tampil dengan desain antarmuka bernama aquamorphic yang memberikan pengalaman visual yang ringkas, nyaman dan ramah pengguna. UI dari sistem operasi ini lebih fluid dan inklusif, ketimbang ColorOS 12 berbasis Android 12.

ColorOS 13 menampilkan palet tema baru yang terinspirasi oleh perubahan warna cahaya antara matahari terbit dan tenggelam di permukaan laut, sementara huruf baru yang disertakan untuk meningkatkan kejelasan teks dalam berbagai jenis bahasa. 

“Turut dilengkapi juga dengan peningkatan seperti card-styled layout yang membuatnya terlihat ringkas,” jelas Oppo, dalam keterangan resminya kepada tim Uzone.id.

Berikut ini beberapa fitur dan kelebihan dari ColorOS 13 berbasis Android 13, wajib tahu sebelum kalian melakukan update nih!

Baca juga: Fitur Baru di Android 13, dari Personalisasi sampai Multitasking

Always-on display lebih pintar dan intuitif

Konsep intuitif dan enak dipandang jadi kelebihan utama dari ColorOS 13. Gak cuma animasi yang lebih mulus dan UI yang bersih, sistem operasi ini mengusung always-on display (AOD) yang berbeda ketimbang AOD lainnya.

Homeland, begitu Oppo menyebut fitur AOD ini. Always-on display tersebut menggambarkan kehidupan hewan liar di alam. Animasinya mengungkapkan perubahan di rumah tempat hewan hidup, berdasarkan perubahan suhu harian untuk meminta pengguna memperhatikan perubahan iklim dan bumi.

Selain AOD Homeland, ColorOS 13 menghadirkan smart always-on display yang menampilkan informasi yang terkait dengan musik dan aplikasi pengiriman, memberi pengguna akses lebih cepat ke informasi dan kontrol yang lebih nyaman atas pemutaran musik dan fungsi lainnya. 

Untuk memaksimalkan potensi fitur ini, Oppo bermitra dengan penyedia perangkat lunak dan layanan terkemuka termasuk Bitmoji dan Spotify, untuk memberikan berbagai pengalaman yang nyaman dan personal melalui smart always-on display.

Kalau always-on display ini diaplikasikan pada smartphone dengan layar LTPO 2.0, seperti Oppo Find X5 Pro, AOD bisa ditampilkan dalam frekuensi 1Hz saja untuk menghemat konsumsi daya hingga 30 persen.

Dynamic computing engine

Smartphone yang mendapatkan update ke ColorOS 13 berbasis Android 13 otomatis mendapatkan fitur Dynamic Computing Engine. Fitur ini membuat UI lebih mulus dengan performa yang stabil, lengkap dengan peningkatan menyeluruh untuk memaksimalkan pengalaman pengguna.

Ada dua fitur utama yang dibawa oleh Dynamic Computing Engine, yaitupeningkatan masa pakai baterai dan kemampuan untuk membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Dynamic Computing Engine dapat menyeimbangkan performa smartphone agar tetap hemat daya, namun segala proses yang berjalan tetap lancar tanpa kendala.

Baca juga: Update Android 13 Dirilis, Ini Daftar Ponsel yang Kebagian

Produktivitas kian maksimal

Dalam pengembangannya, ColorOS 13 dibuat sedemikian rupa agar memudahkan pengguna meningkatkan produktivitas mereka, terutama di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang mengubah kebiasaan pengguna saat bekerja.

Rapat online jadi salah satu kegiatan rutin karyawan sehari-hari. Oleh karenanya, ColorOS 13 mengusung fitur baru bernama Meeting Assistant yang secara otomatis memprioritaskan koneksi WiFi untuk menyediakan jaringan yang lebih stabil selama rapat daring. 

Fitur ini juga menyederhanakan pemberitahuan untuk meminimalkan gangguan sambil memungkinkan pengguna untuk menambahkan pintasan Oppo Notes yang membantu membuat notulen rapat dengan notes di jendela pop-up.

Lalu ada Multi-screen Connect untuk mengintegrasikan perangkat antara smartphone dan tablet seperti Oppo Pad Air dengan PC. Fitur ini diklaim membuat produktivitas dan kenyamanan semakin baik melalui file transfer yang mendukung lebih banyak format file tanpa batasan perangkat keras. 

Pengguna yang menghubungkan ponsel cerdas ke PC melalui Multi-screen Connect juga akan mendapat manfaat karena dapat menampilkan beberapa aplikasi seluler secara bersamaan di layar PC.

Privasi dan keamanan lebih baik

Sumber foto: GSMArena

ColorOS 13 turut membawa fitur keamanan dan privasi data dari Android 13, seperti kemampuan untuk menghapus riwayat clipboard untuk mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware

Ada pula fitur Nearby WiFi yang membuat pengguna dapat menikmati koneksi nirkabel tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu.

Baca juga: Daftar ponsel Xiaomi, Redmi & Poco yang Kebagian Update MIUI 14

Menariknya, ada fitur Pikselasi Otomatis rancangan Oppo sendiri yang dapat mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar obrolan secara otomatis. Lalu, terdapat fitur brankas pribadi dengan standar enkripsi lanjutan yang banyak digunakan untuk memberikan tingkat keamanan. 

“Standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001,” klaim Oppo terkait sistem keamanannya.

Update ke ColorOS 13 sendiri akan digulirkan secara bertahap di akhir tahun ini, kemudian dilanjutkan ke puluhan perangkat pada tahun 2023 mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini