icon-category Digilife

Fitur Baru, DM Instagram Bebas Pesan Spam dari Orang Asing

  • 07 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Instagram kembali melakukan pembatasan pada salah satu fiturnya, Direct Message. Fitur baru ini dirilis untuk melindungi pengguna dari konten-konten yang dikirim oleh orang asing yang tidak diinginkan.

Kabar perlindungan di fitur DM ini dibagikan perusahaan pada hari Kamis (03/08) kemarin dan akan meluncur pada beberapa minggu yang akan datang usai uji coba.

Melansir dari Techcrunch, dengan fitur-fitur ini, orang asing (yang tidak diikuti pengguna) akan menghadapi dua batasan baru.

Pertama, orang asing hanya bisa mengirim satu pesan saja ke pengguna lain sebelum pengguna menyetujui permintaan mereka. 

Kedua, undangan DM sekarang hanya terbatas untuk pesan teks saja, tidak untuk pesan gambar, video atau voice note. Dengan ini, pengguna harus menerima lebih dulu permintaan akun orang asing ini agar mereka bisa lanjut bercakap.

Instagram mengatakan lewat pembatasan baru ini, pengguna tidak akan lagi menerima gambar atau video yang tidak diinginkan dari pengguna yang tidak mereka ikuti. Begitupun dengan akun orang asing yang tidak akan bisa mengirimi pesan berulang kali.

Fitur ini akan banyak melindungi pengguna perempuan dan anak-anak yang sering kali menjadi sasaran konten-konten yang tidak diinginkan di DM mereka.

“Kami ingin orang-orang merasa tidak segan dan memegang kendali saat mereka membuka kotak masuk mereka,” kata Cindy Southworth, Kepala Keamanan Wanita Meta.

Ia melanjutkan, alasan inilah yang membuat Meta mulai menguji fitur baru ini dan berterimakasih karena feedback positif yang diberikan oleh anggota komunitas.

“Kami akan terus mendengarkan (masukan) untuk menemukan cara lain dalam membantu semua orang agar merasa lebih baik di Instagram,” tambahnya.

Fitur ini akan menambah beberapa batasan DM yang sudah dirilis Instagram sebelumnya, mulai dari pengaturan mute kata, kalimat dan juga emoji serta menyembunyikan permintaan DM yang tidak diinginkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini