home ×
Digilife

Fitur Baru Shopee Ini Bisa Intip Belanjaan Teman, Langgar Privasi?

15 October 2021 By
Fitur Baru Shopee Ini Bisa Intip Belanjaan Teman, Langgar Privasi?
Share
Share
Share
Share

Foto: Ist

Uzone.id -- E-commerce Shopee tampaknya punya fitur baru yang bikin tidak nyaman penggunanya. Memanfaatkan interaksi sosial seperti halnya media sosial, pengguna Shopee mendadak bisa melihat riwayat dan aktivitas belanja teman di kontak masing-masing.

Hal ini terdengar ‘horor’ dan tidak nyaman, karena langsung dianggap melanggar privasi pengguna. Pengalaman ini dibagikan oleh pengguna Twitter dengan nama akun @efify belum lama ini yang mendulang ribuan retweet dan likes, serta puluhan reply.

Be Careful! Buat teman-teman pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasi nya deh. Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir,” cuitnya.

Baca juga: Tokopedia hingga Shopee Jual Berbagai Barang Ikonis Khas 'Squid Game'

Akun @efify turut mempublikasikan screenshot bagian kolom chat di aplikasi Shopee yang kini lengkap dengan bagian “Aktivitas Teman”. Sementara screenshot satunya lagi menunjukan laman ‘Pengaturan Aktivitas’ yang isinya ada beberapa poin untuk memilih opsi agar pengguna bisa menyembunyikan aktivitas penilaian produk dan pesanan barang.

Yaaa bayangin aja Lo beli barang apapun di shopee, temen yg saling save kontak bisa tau Lo belanja dan review barang apa aja. Gila sih ini. Gue gatau apps gue doang apa begimana. Tapi di apps laki gue tampilannya sama seperti sebelumnya. Padahal dia langsung update appsnya,” lanjutnya.

Selang beberapa saat, akun resmi Shopee, @ShopeeID, menanggapi cuitan @efify yang cukup viral itu di Twitter.

Dalam cuitan pihak Shopee, mereka mengaku perusahaan telah merilis fitur baru bernama Shopee Friends. Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan retensi pembeli dengan mengembangkan interaksi sesama pengguna Shopee.

Pengguna akun tetap bisa memiliki pilihan untuk menonaktifkan privasi agar tidak terlihat oleh orang lain.

Klik halaman Saya > Pengaturan Akun > Pengaturan Privasi > lalu klik bagian Pengaturan Status Sosial. Moga Kakak makin nyaman menggunakan Shopee,” cuit pihak Shopee Indonesia.

Balasan akun Shopee Indonesia terkait cuitan @efify yang menganggap Shopee langgar privasi. Foto: Uzone.id

 

Tak sedikit netizen Tanah Air yang langsung mengecek aplikasi masing-masing untuk tahu fitur ini, namun banyak yang belum menemukan pengaturan yang dimaksud.

Saat Uzone mengeceknya juga belum ada pilihan Pengaturan Status Sosial di bagian Privasi aplikasi. Jika memang ini adalah fitur baru, kemungkinan harus diperbarui ke aplikasi versi paling baru, atau memang belum merata penyebaran fitur barunya ke semua pengguna di Indonesia.

VIDEO: Random Shots with Vivo X70 Pro

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id