icon-category Digilife

Fitur Baru WhatsApp: Grup Tampung 5.000 Anggota, Video Call Bisa 32 Orang

  • 05 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Jamie Street / Unsplash)

    Uzone.id - Aplikasi layanan pengirim pesan WhatsApp resmi merilis fitur baru bernama WhatsApp Komunitas. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat komunitas sebagai wadah dari beberapa grup terkait di WhatsApp-nya.

    Beberapa grup yang dimaksud yakni yang memiliki satu pembahasan atau topik sama, lalu dimasukkan ke dalam satu tempat bernama WhatsApp Komunitas.

    Meta menyebut bahwa fitur tersebut sangat cocok untuk berbagai kelompok tertentu seperti sekolah, tempat kerja, perumahan, dan lain-lain. Fantastisnya, dalam satu komunitas bisa diisi mulai dari 50 grup dan Grup Pengumuman bisa diisi hingga 5.000 anggota, seperti dilaporkan Engadget.

    BACA JUGA: TV Analog Mati, MNC Ngambek Sampai Mau Tuntut Pemerintah

    Untuk mengantisipasi ramainya notifikasi atau pesan menumpuk lainnya, WhatsApp Komunitas juga mengizinkan pengguna atau adminnya untuk mengatur Grup Pengumuman secara default, di mana hanya admin saja yang bisa mengirim informasi di grup tersebut.

    Sang admin juga akan ditawarkan lebih banyak tools untuk membantu memoderasi grup serta komunitas yang dikelola. Mulai dari menghubungkan dan membuat grup baru dalam komunitas, hingga menghapus konten yang dirasa tidak pantas untuk anggota grup.

    Fitur WhatsApp Komunitas juga hanya memperbolehkan masing-masing satu grup WhatsApp saja yang bisa ditautkan ke dalam komunitas.

    Selebihnya, dalam satu komunitas para anggota diizinkan untuk bisa melihat daftar grup yang tergabung, tapi tidak bisa sembarangan mengintip isi grup tersebut.

    Jika ingin melihat isinya, mereka harus bergabung terlebih dahulu dengan grup tersebut tentu dengan persetujuan admin.

    BACA JUGA: Camera Blind Test: Tebak Foto dari Resolusi 48 MP Sampai 200 MP

    Sebagai pelengkap kehadiran fitur ini, WhatsApp juga bakal merilis fitur baru lainnya yakni opsi kirim file hingga 2GB, polling dalam chat grup, video call hingga 32 orang, dan menambah kapasitas grup hingga 1.024 orang.

    Pengguna juga dihimbau untuk tidak perlu khawatir soal keamanan privasi chat di WhatsApp mereka ketika nanti bergabung dalam suatu komunitas.

    Ditegaskan bahwa, asal pengguna mengaktifkan fitur end-to-end encryption maka chat tidak akan bisa terlihat oleh orang lain.

    Fitur Komunitas ini nantinya bakal tersedia di semua perangkat (iOS dan Android) dalam beberapa bulan mendatang, jadi kita tunggu saja ya, Uzoners!

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini