icon-category Auto

Fitur Canggih Toyota Fortuner yang Diekspor ke Australia

  • 16 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Toyota Fortuner ekspor perdana ke Australia (Foto: Instagram @sekretariat.kabinet)

    Uzone.id - PT. Toyota Motor Manufacture Indonesia (TMMI) jadi pendobrak ekspor mobil ke Australia. Untuk pertama kalinya Indonesia melakukan ekspor ke Negeri Kanguru dengan mengirim 600 unit Toyota Fortuner.

    Seremonial ekspor perdana Toyota Fortuner ke Australia dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (15/2/2021).

    Seperti yang dilihat di situs resmi Toyota Australia, Toyota Fortuner yang dijual merupakan tipe GX, GXL dan Crusade (tipe tertinggi).

    BACA JUGA: Sejarah Baru, Toyota Fortuner Resmi Ekspor ke Australia

    Presiden Joko Widodo sedang meninjau fasilitas TMMI di Karawang (Foto: Instagram @sekretariat.kabinet)

    Kemudian, untuk powertrain-nya mengusung mesin 2.8L Turbo diesel, bertransmisi otomatis yang menyalurkan tenaga ke semua roda (4WD).

    Tipe Fortuner 2.8L ini sudah lebih dulu diluncurkan di Indonesia pada 13 Januari 2022, dengan pilihan tipe VRZ 4x2, VRZ 4x2 GR Sport, dan VRZ 4x4 GR Sport. Untuk tipe 2.8 VRZ 4x4 A/T GR Sport dibanderol Rp684.500.000.

    Sementara, konsumen Indonesia juga masih bisa memilih varian mesin diesel 2.400cc 2GD dan mesin bensin 2.700cc.

    Jadi, berbeda dengan Fortuner yang dijual di Australia cuma ada varian mesin 2.8L Turbo diesel 4WD yang terhubung dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Mesin ini bisa menyemburkan daya maksimum 150kW dan torsi maksimum 500Nm.

    Beberapa fitur di interior yang disematkan ada Multi Information Display (MID) berwarna 4,2", layar sentuh berwarna 8", navigasi satelit yang menjadi standar untuk GXL dan Crusade dan pilihan di GX. Ini juga mendukung Apple CarPlay, dan Android Auto. Sedangkan Sistem audio JBL 11-speaker terdapat pada Crusade.

    Paddle Shifter, kontrol iklim zona ganda depan terdapat pada terdapat pada GXL dan Crusade.

    BACA JUGA: Sejarah Ekspor Toyota Indonesia, Mulai dari Kijang Super

    Fitur Canggih Lainnya

    Presiden Joko Widodo melepas ekspor perdana Toyota Fortuner ke Australia (Foto: Instagram @sekretariat.kabinet)

    Fortuner 2.8L Turbo diesel 4WD yang dijual di Australia punya fitur Stolen Vechicle Tracking (SVT) sehingga pemilik tidak akan khawatir mobilnya dicuri orang.

    SVT dirancang untuk membantu temukan kendaraan yang hilang. Setelah mengajukan curian laporkan kendaraan ke polisi, dan berikan VIN dan nomor laporan polisi ke agen Toyota Stolen Vehicle Assistance, selanjutnya agen akan memvalidasi langganan SVT Anda dan mulai pelacakan.

    SOS Emergency Call juga dihadirkan untuk mendapatkan bantuan mendesak. Jadi, bantuan dapat tersedia dengan satu sentuhan tombol selama 24/7.

    Fitur Automatic Collision Notification (ACN) atau pemberitahuan otomatis tabrakan ini berguna ketika pengguna membutuhkan bantuan darurat setelah dideteksi adanya tabrakan atau airbag mengembang oleh sensor benturan. ACN akan terhubung secara otomatis ke Pusat panggilan Bantuan Darurat Toyota 24/7.

    Fitur keamanan dan perlindungan kepada penumpang juga diberikan tujuh SRS airbag, Brake Assist (BA) untuk membantu memastikan yang paling aman jarak pengereman jika perlu mengerem selama keadaan darurat, dan Vehicle Stability Control (VSC) akan otomatis membantu mempertahankan cengkeraman pada permukaan yang licin dan memberikan kontrol yang lebih besar saat menikung.

    Jika trailer mulai bergoyang, maka Trailer Sway Control (TSC) secara otomatis akan menggunakan rem dan kontrol mesin untuk membantu menekan gerakan.

    Toyota Safety Sense (TSS) juga jadi fitur keselamatan aktif yang terdapat pada Fortuner 2.8L Turbo diesel yang dijual di Australia.

    Fitur ini dirancang untuk membantu mendukung mengemudi yang aman dan membantu melindungi sopir dan penumpang. Adapun fitur-fitur yang masuk dalam TSS, yakni:

    Pre-Collision Safety system with pedestrian and daytime cyclist detection, yakni fitur yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda siang hari. sistem ini menggunakan sebuah kamera dan radar terintegrasi untuk membantu mendeteksi kendaraan lain di depan mobil.

    PCS dirancang untuk membantu pengemudi di mana ada adalah kemungkinan tabrakan frontal dengan mobil
    dan pejalan kaki pada siang atau malam hari, atau pengendara sepeda di siang hari.

    PCS termasuk peringatan yang terlihat dan terdengar dari kemungkinan tabrakan, gaya pengereman tambahan untuk membantu saat sopir mengerem, dan jika terjadi tabrakan tidak dapat dihindari, pengereman membantu mengurangi dampak.

    Road Sign Assist (speed signs only), dikembangkan untuk membantu mengenali rambu kecepatan jalan tertentu dan memberikan informasi kepada sopir. 

    High Speed Active Cruise Control, dirancang untuk membantu jaga jarak tetap antara kendaraan. Ini menggunakan radar miliwave untuk memantau kesenjangan antara kendaraan kamu dan yang di depan, akselerasi otomatis atau melambat saat dibutuhkan untuk membantu kamu menjaga jarak yang ditentukan.

    Lane Departure Alert with steering assist, dengan rem untuk mengarahkan dirancang untuk membantu
    mencegah kendaraan hanyut dari jalur mereka, dengan memantau tanda jalan, dan memberikan yang terlihat dan peringatan yang dapat didengar jika terdeteksi setiap penyimpangan dari jalur.

    Fitur ini mungkin juga menerapkan pengereman tambahan paksa jika diperlukan, untuk membantu kamu tetap di jalur kamu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini