home ×
Digilife

Fitur-fitur Terbaru YouTube yang Bakal Hadir Tahun Ini

19 February 2021 By
Fitur-fitur Terbaru YouTube yang Bakal Hadir Tahun Ini
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Neal Mohan, Chief Product Office YouTube mengungkapkan fitur-fitur dan produk yang diperkirakan hadir pada tahun ini. 

Dimulai dengan ekspansi video pendek mirip TikTok bernama Shorts di AS, yang telah diuji di India desember lalu. Ujicoba ini terbilang cukup sukses karena Shorts yang dipublikasikan kreator India sejauh ini mendapat 3,5 miliar penonton dari seluruh dunia.

Dikutip dari Engadget, Jumat (19/2), versi beta dari format ini akan tersedia bulan Maret mendatang di AS.

Hal ini juga memperluas ketersediaan dari cuplikan video atau video chapters yang sudah diluncurkan semenjak tahun 2020. Fitur Chapter ini mempermudah penonton untuk melihat cuplikan tertentu dari video yang ini mereka tonton dalam satu klik saja.  

Secepat mungkin YouTube akan membuat fiturnya terasa lebih intuitif dan memperluas kemampuannya sehingga secara otomatis dapat menambah cuplikan video yang relevan meski pembuatnya tak mengunggah sendiri bagian tersebut.

YouTube TV juga akan memperkenalkan opsi Add-on dalam waktu dekat, memungkinkan pelanggan menonton acara dalam layar 4K jika tersedia, atau mengunduhnya ke DRV agar bisa ditonton offline. Add-on juga akan mengaktifkan streaming bersama tanpa batasan di rumah.

Akhir tahun ini, YouTube Kids juga akan meluncurkan tool baru bagi orangtua, termasuk cara menambahkan video dan saluran tertentu pada pilihan tontonan anak-anak mereka.

YouTube juga memberikan cara lain bagi konten kreator untuk memperoleh pundi-pundi uang. mereka memperluas ketersediaan fitur applause tahun ini setelah merilis versi ujicoba nya pada tahun 2020 lalu. 

Fitur ini mirip dengan fitur yang dimiliki Twitch dimana para streamer mendapatkan uang ketika banyak penonton yang bersorak di videonya. Nantinya, YouTuber bisa melakukan hal yang sama dan mendapatkan uang dari penonton yang membeli animasi applause untuk video mereka.

YouTube juga akan memperluas kemampuannya agar pengguna bisa berbelanja langsung dari video dengan menekan ikon tas belanja di kiri bawah layar. Belum ada kepastian apakah fitur ini tersedia di negara lainnya, tapi fitur ini sudah diuji coba di AS pada bulan Januari.

Fitur-fitur ini hanya pratinjau dari apa yang akan dirilis pada waktu mendatang. 

Mohan juga mengatakan YouTube akan menerbitkan blog mengenai progress dari rencana mereka tahun ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article