icon-category Technology

Fitur Keamanan WhatsApp di iOS Bisa Dijebol?

  • 24 Feb 2019 WIB
Bagikan :

Belum lama ini, WhatsApp versi iOS menerima pembaruan yang membawa fitur keamanan berupa Face ID dan Touch ID.

Namun, seorang anggota forum Reddit menemukan celah keamanan untuk melewati dua fitur keamanan WhatsApp di perangkat iOS.

Celah tersebut memungkinkan pengguna iPhone masuk ke menu percakapan tanpa melewati proses pemindaian Face ID dan Touch ID.

Padahal saat pertama kali memperkenalkan dua fitur keamanan ini, WhatsApp mengklaim bahwa pemindai biometrik Face ID dan Touch ID merupakan cara terbaik untuk memproteksi aplikasi.

Terkait cara untuk melewati fitur Face ID dan Touch ID pada WhatsApp versi iOS, anggota Reddit tersebut menjelaskan urutannya.

Pertama, pengguna cukup mengarahkan navigasi ke iOS Share Sheet, lalu pilih WhatsApp. Saat pindah ke layar selanjutnya, pengguna tidak perlu melakukan verfikasi Face ID dan Touch ID. Setelah layar selanjutnya terbuka, segera kembali ke layar utama, dan buka kembali WhatsApp. Saat memasuki aplikasi WhatsApp, pengguna bisa langsung masuk ke menu pesan tanpa memerlukan verifikasi keamanan.

"Dalam beberapa kasus, kita diminta memverifikasi Face ID dan Touch ID, batalkan saja dan coba klik lagi ikon WhatsApp di iOS Share Sheet lagi," ujar pengguna Reddit tersebut seperti dilansir dari Softpedia pada Minggu (24/2/2019).

"Bug ini tidak terjadi jika opsi 'Immediately' telah diatur dalam pengaturan screen lock WhatsApp," lanjutnya.

Beruntung, pihak Facebook sendiri sudah bergerak untuk membenahi masalah ini. Dalam pernyataannya via Reuters, mereka berjanji untuk memperbaiki celah keamanan pada WhatsApp agar pengguna tidak bisa membobol login biometrik.

"Kami menyadari masalah ini dan perbaikan akan segera tersedia. Sementara itu, kami menyarankan agar orang mengatur opsi kunci layar ke 'Immediately atau Segera," tandas pihak Facebook.

Pihak WhatsApp sudah bergerak untuk membenahi masalah agar fitur keamanan WhatsApp di iOS tidak bisa dijebol.

 

Berita Terkait:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini