icon-category Digilife

Fitur Mirip Close Friend Mulai Diuji di Twitter, Kalian Kebagian?

  • 31 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Charles Deluvio/Unsplash

    Uzone.id - Masih ingat fitur mirip Close Friend yang sedang dikembangkan Twitter tahun lalu? Setelah berbulan-bulan menunggu, Twitter akhirnya serius juga memperkenalkan fitur ala Instagram ini ke pengguna.

    Sepanjang pengembangannya, nama dari fitur ini sempat berubah-ubah, mulai dari Flock hingga Trusted Friends. Namun pada akhirnya, fitur close friend di Twitter bernama Circle.

    Awal bulan ini, Twitter mulai menguji coba fitur Circle ke beberapa kelompok pengguna dan kabar terbaru mengatakan kalau Twitter akan memperluas uji coba ini ke pengguna yang lebih banyak lagi.

    Juru bicara Twitter, Joseph Nunez mengatakan, “Saat ini kami sedang menguji coba fitur Twitter Circle ke beberapa kelompok di iOS, Android, dan Web secara global.”

    Baca juga: Twitter Bikin Fitur ‘Close Friends’, Ngetwit Galau Gak Perlu Jaim Lagi

    “Fitur ini belum diluncurkan ke semua pengguna karena kami masih mengumpulkan feedback,” tambahnya, dikutip dari The Verge, Selasa, (31/05/2022).

    Foto: Twitter Circle/The Verge

    Berhubung fitur ini sedang diuji coba secara global, kemungkinan beberapa pengguna Twitter di Indonesia punya kesempatan mendapatkan fitur ini lebih awal.

    Untuk memeriksa apakah kalian sudah bisa mendapatkan fitur ini atau belum, kalian perlu mengupdate aplikasi Twitter ke versi yang lebih baru.

    Fitur Circle ini bisa ditemukan ketika kalian ingin membuat cuitan baru. Circle akan muncul menggantikan menu ‘Everyone’ dan berganti menjadi ‘Twitter Circle’.

    Setelah kalian menemukan opsi ‘Twitter Circle’, kalian bisa memilih fitur Edit untuk memasukkan siapa saja yang bisa melihat tweet yang dibagikan, begitu mirip dengan fitur Close Friend di Instagram.

    Baca juga: Ketika Twitter Paksa Netizen 'Kenalan' dengan Safa

    Setelah itu, kalian tinggal tweet cuitan tersebut. Cuitan kalian hanya bisa dilihat oleh kelompok yang sudah dimasukkan.  Sebagai informasi, pengguna yang bisa dimasukkan dalam list Twitter Circle ini adalah 150 teman. 

    Nantinya, pengguna yang masuk sirkel ini hanya bisa membalas dan menyukai tweet, namun tak bisa me-retweet atau me-quote retweet cuitan ini.

    Bagi yang belum mendapatkan fitur ini, jangan khawatir karena ini masih dalam tahap percobaan. Semoga saja Twitter segera merilisnya untuk publik agar semua pengguna bisa membuat tweet bebas yang hanya bisa dilihat orang-orang tertentu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini