home ×
Auto

Fitur Ninja 250 4 Silinder yang Bisa Diakses Cukup Dari Setang

18 July 2020 By
Fitur Ninja 250 4 Silinder yang Bisa Diakses Cukup Dari Setang
Share
Share
Share

Uzone.id - Ada yang menarik ketika kalian sudah menunggangi dan duduk di belakang setang Ninja ZX-25R. Hal menarik tersebut ada pada setang sisi sebelah kiri.

Yess, kalau biasanya di motor-motor pada umumnya, di bagian itu tersedia tuas lampu dim, lampu sein, lampu dekat dan jauh, serta klakson, pada ZX-25R punya tuas dan tombol tambahan.

Buat apa ya fungsinya?

Ternyata, tuas tersebut berfungsi sebagai pengaturan mode berkendara dan juga kontrol traksi yang indikatornya bisa kita lihat pada MID di balik windshield.

BACA JUGA: Daftar Harga Mobil BMW di Indonesia, Mulai Mesin Bensin hingga EV

Jadi tuas tersebut bisa digeser naik dan turun, kemudian bagian tengahnya bisa dipencet.

Pertama pengaturan mode berkendara. Dengan menaikkan dan menurunkan tuas tersebut, pada indikator di MID akan tertera huruf F yang artinya Full Power dan kalau kebawah ada huruf L alias Low Power.

Gunanya, saat kalian mau jalan santai, gunakan mode L dan kalau mau kebut-kebutan di sirkuit, ya silakan pakai mode F.

Kemudian pengaturan kontrol traksi. Ini bisa kalian sesuaikan dengan kondisi jalan, kering, becek dan basah, karena bakal mempengaruhi traksi ban pada permukaan jalan.

Kalau digeser-geser dan dipencet, ada angka 1, 2, 3 dan Off. Jadi, semakin tinggi angkanya, kontrol traksi bakal berusaha ekstra menjaga traksi ban ke permukaan jalan.

Angka 3 alias paling full, cocok saat berkendara di permukaan jalann yang licin karena hujan atau agak berpasir. Kontrol traksi akan menjaga traksi ban secara maksimal, begitu sebaliknya.

Sementara kalau di sirkuit, tentu kalian mau tenaga dan laju motor gak banyak tertahan, karenanya kalian bisa mematikan sistem kontrol traksinya.

Kontrol traksi sendiri, pada umumnya bekerja berdasarkan putaran ban. Sensor akan terus membaca putaran ban, yang kalau terjadi anomali.

Misal lebih kencang putarannya dari normal, maka sensor akan mengirim sinyal ke ECU untuk memutus tenaga sesaat agar memberikan kesempatan ban kembali bertraksi dengan permukaan jalan.

Nah, semua fitur canggih pada Ninja ZX-25R tersebut bisa kalian akses cukup dari setang dan memantau indikatornya dari MID saja..

VIDEO Review Kawasaki Ninja 250 empat silinder:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 18 July 2020 | 20:41:32

sangat lengkap penjelasannya saya sih mau punya motor ini tapi kayaknya ga uang deh untuk belinya

oki puntoro 18 July 2020 | 13:00:41

maksudnya begimana kaga ngerti dah gue

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id