icon-category Gadget

Flex Hinge Bikin Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 Lebih Tahan Banting

Uzone.id - Mekanisme engsel baru diterapkan Samsung pada duo Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5. Gak cuma bikin layar ponsel dapat dilipat sepenuhnya dan zero gap alias tanpa celah, engsel yang baru bikin kedua smartphone lipat ini juga jauh lebih kuat dari sebelumnya. Memang seberapa tangguh?

Samsung memamerkan video berdurasi 1 menit 29 detik yang menunjukkan rangkaian tes daya tahan pada Samsung Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5. 

Salah satu tes yang diperlihatkan adalah uji buka dan tutup ponsel yang sudah diverifikasi langsung oleh Bureau Veritas. Engsel dan layar dari keduanya tetap bertahan dengan baik meski sudah melalui 200 ribu kali siklus buka dan tutup.

Desain Flex Hinge dengan struktur rel ganda juga berdampak untuk mengurangi efek benturan saat ponsel terjatuh. Terbukti ketika Samsung menempatkan Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 pada ruang yang berputar-putar, membanting ponsel cukup keras ke permukaan. 

Pengujian ini menyimulasikan kejadian sehari-hari, dimana smartphone bisa saja jatuh dari ketinggian tertentu yang berpotensi menimbulkan kerusakan. Dari tes ini, kedua smartphone lipat ini masih bertahan dengan aman. 

Samsung Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 sudah mengantongi rating IPX8 tahan air, walau tak ada jaminan aman terhadap debu atau partikel yang lebih kecil. Rating ini berarti, kedua ponsel sudah tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Rating ini tak serta-merta diberikan begitu saja. Ada serangkaian tes yang dilalui, seperti pada video yang menunjukkan ponsel direndam perlahan dan disemprot agak keras pada sekujur bodinya.

Smartphone lipat generasi terbaru itu berhasil selamat. Layarnya tetap menyala, berfungsi seperti biasanya tanpa terlihat ada masalah yang berarti.

Lantaran Samsung Galaxy Z Fold5 mendukung S Pen, Samsung juga pun turut menjamin daya tahan layar ponsel lipatnya. Untuk diketahui, layar dari suksesor Galaxy Z Fold4 ini sudah dilapisi Gorilla Glass Vitus 2, lebih tangguh ketimbang generasi sebelumnya.

Dua pengujian daya tahan pun dilakukan, tes yang mudah dan sulit. Untuk tes yang mudah, lengan robot menggoreskan ujung S Pen pada semua area layar bagian dalam dengan tekanan tertentu.

Sementara tes yang sulit, bola baja dijatuhkan dalam ketinggian tertentu untuk mengenai layar bagian dalam smartphone. Kedua pengujian ini untuk mengetahui seberapa kuat layar dalam menangani tekanan, dan kedua tes itu pun berhasil dilalui dengan baik.

Samsung Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 telah resmi dijual di Indonesia. Skema pre-order pun dibuka, dimana Samsung mematok harga Galaxy Z Flip5 di angka Rp15.999.000 untuk model 8/256 GB dan Rp17.999.000 untuk varian 8/512 GB.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy Z Fold5, ponsel ini dijual mulai Rp24.999.000 untuk tipe 12/256 GB, Rp26.999.000 untuk varian 12/512 GB, dan Rp29.999.000 untuk versi tertinggi dengan RAM 12 GB dan memori 1 TB.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini