icon-category Gadget

Flex Hinge, dan Upgrade Lainnya di Samsung Galaxy Z Flip5

Bagikan :

Seoul, Korea Selatan, Uzone.id - Dibanding Samsung Galaxy Z Fold5, Samsung sebenarnya menyematkan lebih banyak ubahan pada Galaxy Z Flip5. Mulai dari desain yang lebih baik, kualitas bodi dan engsel yang makin oke, performa kian mantap, fitur-fitur yang lebih lengkap, bahkan harga yang lebih mahal.

Ya, harga ritel Samsung Galaxy Z Flip5 lebih mahal Rp1 juta dibandingkan Galaxy Z Flip4 saat dijual perdana di Indonesia. 

Tapi sebagai gantinya, Samsung akhirnya mendengarkan banyak keluhan konsumen terkait Galaxy Z Flip4, terlebih saat banyak kompetitor perusahaan meluncurkan smartphone lipat clamshell yang lebih baik.

Dua hal yang harus di-upgrade Samsung untuk smartphone lipatnya, yakni layar cover lebih besar dan engsel yang lebih baik dan minim celah. Dan voila! Jadilah Samsung Galaxy Z Flip5.

Flex Hinge yang gapless

alt-img

Mungkin peningkatan terpenting dari Samsung Galaxy Z Flip5 adalah mekanisme engselnya yang benar-benar baru. Samsung menyebutnya sebagai Flex Hinge, mekanisme engsel dengan struktur rel ganda atau dual-rail yang membuat ponsel dapat dilipat sepenuhnya dan tanpa celah, tidak seperti Galaxy Z Flip generasi sebelumnya.

alt-img
(atas) Samsung Galaxy Z Flip4, (bawah) Samsung Galaxy Z Flip5

Dengan Flex Hinge, lipatan layar fleksibel di bagian tengah akan berbentuk seperti tetesan air atau waterdrop. Bukan saja membuat ponsel benar-benar bisa dilipat sempurna, mekanisme ini menjaga layar tidak crack atau rusak saat dilipat, dan meminimalisir kerutan di tengah-tengah layar.

Layar cover lebih besar

alt-img

Layar cover atau layar luar Samsung Galaxy Z Flip5 kini jauh lebih besar dari sebelumnya. Dari ukuran 1,9 inci pada Galaxy Z Flip4, sekarang ukurannya hampir dua kali lipat lebih besar menjadi 3,4 inci.

Samsung menamai cover ini sebagai Flex Window. Panel layar yang digunakan adalah Super AMOLED dengan resolusi 720 x 748 piksel, dan punya bentuk yang tak biasa.

alt-img

Seperti bocoran yang beredar sebelumnya, bentuk layar ini mengingatkan kami dengan bentuk folder di sistem operasi Windows. Dengan ukuran yang lebih luas, maka lebih banyak informasi juga yang ditampilkan.

Makin banyak pula interaksi yang bisa dilakukan pengguna, baik itu mengatur widget, membuka aplikasi, dan sebagainya.

Chatting di layar lebih kecil

 alt-img

Dengan layar cover yang lebih luas, kalian gak perlu repot-repot buka tutup smartphone untuk balas chat WhatsApp atau email, nonton YouTube, selfie, dengan musik, hingga melihat notifikasi lengkap.

Samsung kasih lebih banyak kemampuan untuk Flex Windows di Samsung Galaxy Z Flip5. Di layar yang lebih kecil, pengguna bisa membalas pesan SMS atau WhatsApp di layar seluas 3,4 inci ini, tombol QWERTY-nya pun muncul.

alt-img

Nonton YouTube juga bisa, dan akan simultan ditampilkan di layar lebih besar saat smartphone dibuka. 

Interaksi di layar ini terasa lebih maksimal. Pinch out layar buat melihat semua tampilan widget, swipe kiri atau kanan untuk beralih antar widget, tekan dan tahan layar utama untuk mengganti animasi jam dan notifikasinya, sampai swipe ikon kamera buat selfie dengan kamera belakang.

Ya, kalian bisa selfie dengan sepasang kamera belakang Samsung Galaxy Z Flip2 bersensor 12 MP. Hasilnya lebih mantap, dan rasionya pun 4:3 yang proper buat dibagikan di sosial media.

alt-img

Memotret teman sambil memperlihatkan view finder dengan layar cover juga bisa. Fungsinya jadi lebih banyak, kan?

Cantik, tapi kokoh

alt-img

Pilihan warna Samsung Galaxy Z Flip5 memang lebih bervariasi ketimbang Samsung Galaxy Z Fold5. Wajar, toh ponsel lipat yang lebih besar tersebut memang ditujukan buat para eksekutif, beda dengan Z Flip5 yang lebih cocok untuk anak-anak muda yang ingin stand out.

Total ada 8 warna yang disediakan Samsung untuk Galaxy Z Flip4, yakni Mint, Graphite, Cream, dan Lavender yang tersedia secara online dan offline. Kemudian warna eksklusif Gray, Blue, Green, dan Yellow yang cuma bisa dibeli di situs resmi Samsung Indonesia.

alt-img

Selain warna yang eye-catching dan beberapa di antaranya spesial cuma di Indonesia, Samsung juga meng-upgrade build quality Galaxy Z Flip5. Ponsel ini jadi lebih tangguh, ada tiga alasannya.

Pertama, Samsung Galaxy Z Flip5 dibuat menggunakan Armor Aluminium sebagai rangka bodinya. Kedua, layarnya dilapisi Gorilla Glass Victus 2, baik layar cover maupun bagian dalam. Dan ketiga, ponsel ini mengantongi rating IPX8 yang membuatnya tahan diajak menyelam sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Makin ngebut dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

alt-img

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy jadi mesin utama buat ponsel ini. Lebih ngebut dari Snapdragon 8+ Gen 1, memang. Tapi, chipset ini juga lebih cepat ketimbang Snapdragon 8 Gen 2 standar di luaran sana.

Kalau Snapdragon 8 Gen 2 standar, prime core-nya 'hanya' berkecepatan 3,2 GHz, sementara chipset for Galaxy ini menyentuh 3,36 GHz.

SoC (system on chip) tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dengan fitur RAM Plus hingga 8 GB juga. Total, ada 16 GB RAM pada smartphone ini.

Belum lagi ruang penyimpanannya yang lebih lega. Gak ada lagi model 128 GB, minimum sekarang 256 GB dan terbesar 512 GB. Buat baterainya, Samsung Galaxy Z Flip5 ditopang baterai 3.700 mAh dengan dukungan fast charging 25W, wireless charging, dan Wireless PowerShare.

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy Z Flip5 di Indonesia:

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5

Layar

Layar utama

Dynamic AMOLED 2X, 6,7 inci FHD+, 120Hz Adaptive Refresh rate (1-120Hz)

Layar cover

Super AMOLED, 3,4 inci 720 x 748 px, 60Hz

Dimensi & bobot

Folded

71,9 x 85,1 x 15,1 mm

Unfolded

71,9 x 165,1 x 6,9 mm

Kamera

Kamera belakang

12 MP wide, OIS, Dual Pixel AF, f/1.8, 83Ëš

12 MP ultra-wide, f/2.2, 123Ëš

Kamera depan

10 MP, f/2,2, 85Ëš

Prosesor

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

RAM dan memori penyimpanan

8 GB/256 GB

8 GB/512 GB

Baterai

3.700 mAh, Fast Charging 25W, Fast Wireless Charging, Wireless PowerShare

Ketahanan air

IPX8 tahan air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit

OS

One UI 5.1.1, Android 13

Konektivitas

5G, LTE, WiFi 6E, Bluetooth v5.3

Sensor

Capacitive Fingerprint sensor (sisi samping), Accelerometer,  Barometer, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, Proximity sensor, Light sensor

Warna

Warna ritel

Mint, Graphite, Cream, Lavender

Eksklusif di Samsung.com 

Gray, Blue, Green, Yellow

Harga

Rp15.999.000 (8 GB/256 GB)

Rp17.999.000 (8 GB/512 GB)

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini