home ×
Gadget

Fokus Jadi Pemimpin IoT, Ini Produk Ekosistem Xiaomi untuk Kehidupan yang Lebih Baik

09 December 2020 By
Fokus Jadi Pemimpin IoT, Ini Produk Ekosistem Xiaomi untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Menguasai pasar smartphone dunia sepertinya tidaklah cukup bagi Xiaomi. Perusahaan asal China itu pun kini menyebut dirinya sebagai perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung kehidupan yang lebih baik.

Tahun ini, Xiaomi telah mencatatkan kinerja yang cukup gemilang, yang diklaim merupakan kontribusi dari smartphone dan perangkat IoT. Pendapatannya mencapai Rp155,9 triliun, menunjukkan pertumbuhan 34,5 persen yoy.

Dari laporan keuangan kuartal ketiga 2020 disebutkan jika pengguna aktif bulanan dari TV Pintar dan Mi Box sebesar 35,8 juta, tumbuh 49,9 persen YoY. Sedangkan jumlah perangkat IoT yang terhubung (tidak termasuk smartphone dan laptop) ke platform AIoT mencapai 289,5 juta unit, tumbuh 35,8 persen YoY. Ditambah, jumlah pengguna yang memiliki setidaknya lima perangkat atau lebih yang terhubung ke platform AIoT Xiaomi (tidak termasuk smartphone dan laptop) mencapai 5,6 juta, tumbuh 59 persen.

Baca juga: Xiaomi Rilis Duo Entertainment Flagship Mi 10T dan Pro

Sejatinya, Xiaomi telah mulai masuk ke bisnis hardware sejak 2018. Produk yang diperkenalkannya kala itu mulai dari Air Purifier, haird dryers, vacum cleaner, dan sejumlah gadget lainnya. Pada 2019, Xiaomi diketahui telah mampu menghasilkan revenue dari penjuala IoT dan produk-produk lifestyle. Peningkatan sampai 41,7 persen di banding tahun sebelumnya.

Clone Features

Xiaomi berharap sukses bisnis smartphone-nya dapat diikuti oleh bisnis perangkat IoT, mulai dari wearable sampai smarthome. Menurut IDC, pasar wearable dan smarthome secara global mencapai USD279 miliar di 2019 dan diperkirakan akan tumbuh sampai USD459 miliar pada 2024.

Tahun ini, mereka kembali mengeluarkan jajaran ekosistem produk IoT, yang juga dipasarkan untuk Indonesia. Beberapa di antaranya adalah,

Mi Watch
Mi Watch dan Mi Watch Lite adalah perangkat pintar yang menawarkan desain serta fitur untuk mengimbangi gaya hidup aktif serta ekspresi dari pengguna. Perangkat ini memantau kondisi badan, mengukur aktivitas olahraga dari penggunanya, dan menyodorkan informasi penting dari fisik pengguna seperti denyut jantung, siklus tidur, dan tingkat stres.

Keduanya tahan dipergunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter, sehingga tidak perlu dilepas sewaktu mandi, berenang hingga arung jeram. Mi Watch memiliki 117 latihan olahraga yang bisa dimonitor dan disimpan datanya sementara Mi Watch Lite bisa mengukur 11 jenis olahraga. Hanya butuh dua jam untuk mengisi penuh baterai dari Mi Watch dan bisa dipakai kembali sampai 16 hari untuk penggunaan normal.

Baca juga: Deretan Produk IoT Baru Xiaomi, dari Jam Tangan Sampai TV

Mi Watch dilengkapi fitur tambahan seperti GPS yang lebih akurat serta kompas, dan pengukur elevasi serta tekanan udara. Dengan desain premium, Mi Watch yang bobotnya hanya 32 gram memberikan kebebasan dalam berekspresi dan menyesuaikan dengan penampilan sehari-hari dengan pilihan warna tali jam atau tampilan di layar. Layarnya mampu menampilkan warna yang mencolok dan tetap nyaman dilihat meski siang hari berkat panel AMOLED serta dilindungi oleh teknologi Corning Gorilla Glass 3.

Mi Watch Lite datang dengan pilihan yang lebih memikat untuk pengguna lebih umum berkat desain persegi yang simpel dan berbobot 35 gram saja. Dengan kondisi baterai penuh, perangkat ini bisa digunakan hingga 9 hari.

Baik Mi Watch dan Mi Watch Lite memudahkan penggunanya untuk mengetahui pemberitahuan yang masuk ke smartphone berupa pesan baru atau panggilan yang masuk. Termasuk dukungan tampilan emoji dari notifikasi pesan yang masuk untuk menangkap ekspresi dari percakapan dengan rekan atau keluarga tercinta.

Mi TV
Xiaomi juga memperkenalkan pembaharuan untuk TV pintar dengan perombakan desain yang lebih mewah dan imersif dalam menikmati konten. Mi TV 4 Bezel-less hadir dengan tiga ukuran yakni 32”, 43” dan 55” memiliki bezel yang tipis dan nyaris tidak terlihat serta frame aluminium yang memberikan kesan kokoh dan elegan.

IMG_20201201_135058

Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K hadir dengan resolusi 4K mendukung HDR10+ serta layar berteknologi Quantum Dot LED untuk menampilkan warna yang lebih akurat, menonjol, dan cerah berkat sertifikasi Dolby Vision. 6 unit speaker dengan output 15W dilengkapi fitur Dolby Audio memberikan suara yang sebening kristal dan efek suara realistik untuk menghasilkan impresi yang tidak terlupa dari konten favorit pengguna.

Satu detail yang dihadirkan oleh Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K adalah fitur Mi Quick Wake yang bisa menghidupkan televisi hingga siap ditonton dalam waktu 5-8 detik, berbeda dengan TV biasa yang membutuhkan waktu hingga 30 detik. Prosesor quad-core MTK 9611 membantu dalam mewujudkan kualitas gambar yang baik serta pengalaman penggunaan yang lancar.

Nikmati PatchWall untuk mendapatkan rekomendasi konten-konten terbaik sewaktu menggunakan TV, juga persingkat waktu dengan memanfaatkan fitur perintah suara dari Mi Bluetooth Remote. Orang tua bisa memanfaatkan Kids Mode yang hanya merekomendasikan konten ramah anak, menjadikan televisi ini sebagai pelengkap dari kehangatan keluarga.

Mi Watch dan Mi Watch Lite akan dijual di Shopee bersama Mi TV 4 Bezel-less 32”, Mi TV 4 Bezel-less 43” bisa didapatkan di JD.ID sementara Mi TV 4 Bezel-less 55” 4K ditawarkan di Lazada. Pemesanan Mi 10T dan Mi 10T Pro dibuka sejak tanggal 10-14 dengan sejumlah manfaat sebelum dijual pada tanggal 15 Desember pukul 12.00 di JD.ID.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id