icon-category Auto

Ford Laser, Mobil Tahan Banting Dipakai Armada Taksi Indonesia

  • 22 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    (Foto: Instagram @tristanfukuoka)

    Uzone.id - Bagi kamu yang sudah cukup tahu kondisi lingkungan di Jakarta era 1980-an dan 1990-an, pastinya tahu armada taksi yang banyak digunakan saat itu adalah sedan biru Ford Laser.

    Untuk dijadikan taksi, Ford Laser Ghia dengan mesin 1.300cc sengaja dipilih karena irit bahan bakar. Ford Laser ini dipasarkan di periode tahun 1986 hingga 1998 ke 25 provinsi, kecuali Papua.

    Perusahaan taksi yang menggunakan Ford Laser saat itu adalah Blue Bird Group, Express Taxi, Kosti Jaya, President Taxi, Zebra Taxi Surabaya, Primkopad hingga Primkopau.

    BACA JUGA: Mitsubishi Uji Coba Mobil Listrik Minicab MiEV di Indonesia

    (Foto: Instagram @tedstuff)

    PT Indonesia Republic Motor Company (IRMC), selaku distributor Ford saat itu, memboyong mobil ini ke Indonesia dalam bentuk CKD dari pabrik Toyo Kogyo, Hiroshima, Jepang.

    Untuk perakitan Ford Laser dilakukan di PT Gaya Motor dan PT Nasional Assembler. Kemudian berlanjut ke PT Alun dan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

    Ford Laser untuk taksi juga dinilai punya banyak keunggulan, seperti ruang penumpang yang lega, mesin bandel. Kemudian, suspensi dan radiator juga dipilih material yang tahan banting.

    Sebetulnya, Ford yang lalu lalang di Indonesia saat itu tak cuma Ford Laser untuk taksi saja. Model untuk penumpang ada Ford Laser Ghia 1.500cc 4 pintu dan 5 pintu, Ford Laser TX3 1.600cc 3 pintu, Ford Sonic 1.300 cc 4 pintu, Ford Gala 1.600 cc 4 pintu dan Ford Champ 1.800cc 5 pintu liftback, Telstar GL 1.800cc 4 pintu dan Telstar TX5 2.000cc 5 pintu liftback.

    Kemudian, ada juga Ford Champ 1.800cc, Ford Laser Lynx 1.600cc dan 1.800cc 4 pintu, Telstar Ghia 2.000cc 4 pintu, dan Telstar Challenge 2.000cc 5 pintu liftback.

    BACA JUGA: Beli Xpander, DP 10 Persen atau Cicilan 0 Persen

    Oya, Ford Laser sendiri punya kembaran, yakni Mazda Familia (323). Wajar jika mereka kembaran bak Toyota Avanza-Daihatsu Xenia atau Toyota Rush-Daihatsu Terios. Di tahun 1979, Ford membeli 25 persen saham Mazda.

    Sama seperti taksi-taksi sekarang, Ford Laser GL dipilih karena jadi tipe termurah dan membuka jendela pun belum tersentuh elektrifikasi alias pakai engkol, tanpa power stearing dan tanpa electric mirror.

    Di sisi lain, Ford Laser GL punya kelebihan dalam hal konsumsi bensinnya irit dan mesin bandel. Selain itu, spare part juga melimpah. Bahkan bisa disubsitusi dengan sedan Timor atau Mazda 323 Elite.

    Selain Indonesia, Ford Laser juga dipasarkan di negara-negara lain di wilayah Asia, Amerika Selatan, Oceania, dan Afrika. (Dari berbagai sumber)

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini