icon-category Auto

Fortuner dan Hilux Bakal Ikutan Platform Innova Zenix?

  • 09 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Toyota

Uzone.id - Toyota Kijang Innova, Fortuner dan Hilux sebelumnya adalah sebuah mobil ‘kembar’ yang menggunakan platform ladder frame yang sama. Namun, sejak kelahiran Innova Zenix, ketiga mobil ini seolah pecah kongsi.

Nah, muncul rumor yang berspekulasi kalau kedepannya, Toyota akan tetap mempertahankan ketiga model tersebut dengan platform yang sama, yakni menggunakan platform terbaru TNGA sebagaimana lebih dulu dipakai Innova Zenix.

Sementara sassis ladder frame akan difokuskan produksinya di Thailand karena mobil degan sassis model ini masih digemari di Thailand sana.

BACA JUGA: Kendaraan yang STNK-nya Hangus, Apakah Bisa Dihidupkan Lagi?

Spekulasi tersebut juga menyebut, secara otomatis sosok Fortuner yang saat ini eksis akan lenyap dari pasar Indonesia dan akan berganti dengan model SUV yang baru.

Sementara untuk penamaannya sendiri, belum diketahui apakah akan tetap menggunakan nama Fortuner seperti halnya Innova atau benar-benar menggunakan nama yang berbeda.

Perubahan signifikan pada Fortuner degan TNGA ini jhelas bakal seradikal Innova Zenix. Bakal menggunakan penggerak depan dan sassis monokok.

Selain itu, untuk mesin juga besar kemungkinan bakal mengusung teknologi hybrid yang bergandengan dengan mesin bensin dan artinya, juga mempensiunkan mesin diesel Fortuner yang sudah terkenal bandel dan irit tersebut.

Kalau Fortuner menggunakan platform dan spesifikasi yang mirip-mirip dengan Innova Zenix, mungkin masih realistis dan masuk akal. Lalu bagaimana dengan Hilux sebagai mobil double cabin?

BACA JUGA: Fix, Kendaraan Jadi Bodong Jika STNK Mati 2 Tahun

Kami belum membayangkan bagaimana jadinya sebuah mobil double cabin sejenis Hilux, menggunakan mesin bensin atau hybrid, berpenggerak depan dan digunakan di pertambangan dan perkebunan atau medan-medan offroad lainnya.

Namun kalau benar kejadian, langkah ini sebenarnya sejalan dengan rangkaian rencana ‘penghijauan’ Toyota terhadap mobil-mobilnya yang sudah eksis saat ini.

VIDEO Test Drive Suzuki Spresso:

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini