home ×
Technology

Foto 6,8 Juta Pengguna Facebook Bocor, Apakah Kamu Jadi Korbannya?

18 December 2018 By
Foto 6,8 Juta Pengguna Facebook Bocor, Apakah Kamu Jadi Korbannya?
Share
Share
Share
Share

Masalah keamanan yang dialami platform media sosial Facebook kembali menjadi sorotan. Pada Jumat (14/12) lalu, Facebook mengungkap ada sebuah bug yang membocorkan foto milik hampir 6,8 juta penggunanya.

Bug itu diketahui bermasalah dengan sistem API foto Facebook dan membuat aplikasi pihak ketiga bisa mengakses foto-foto yang seharusnya tidak bisa diakses mereka. Sebagian besar aplikasi pihak ketiga hanya diberi akses terhadap foto yang diunggah ke linimasa, tapi bug ini membuat foto-foto lain yang dibagikan di Stories atau Marketplace juga ikut bisa diakses.

Facebook mengatakan bug tersebut hanya terjadi sekitar dua pekan, namun telah berdampak pada 6,8 juta pengguna dan 1.500 aplikasi yang dirancang 876 developer.

Walau bocornya akses foto ini tidak seburuk bocornya informasi kartu kredit, tapi cukup mengejutkan melihat banyak pengguna yang terkena dampaknya.

Apabila kamu penasaran ingin tahu, apakah kamu menjadi salah satu dari korban bug ini, Facebook telah membuat halaman khusus bagi pengguna yang ingin memastikan apakah akun mereka terkena dampaknya atau tidak.

Untuk memeriksanya, kamu bisa membuka situs ini. Pastikan kamu telah login akun Facebook milikmu terlebih dahulu. 

Jika kamu terkena dampak bug tersebut, kamu akan melihat petunjuk di halaman itu mengenai apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Kamu juga akan diinformasikan aplikasi-aplikasi apa saja yang telah mengakses foto-foto kamu.

Facebook juga menyarankan pengguna untuk masuk ke semua aplikasi yang menjadi tempat berbagi foto untuk memeriksa tentang akses yang diberikan. 

Media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini mengklaim telah memperbaiki bug tersebut dan meminta kepada beberapa pengembang aplikasi untuk menghapus foto pengguna yang bisa diakses karena dampak bug. 

Pengembang akan dapat memperoleh akses ke kumpulan foto pengguna yang biasanya telah dibagikan dengan izin.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article