icon-category Gadget

FOTO: Asus ExpertBook B3000, Laptop Murah untuk Anak Sekolah

Uzone.id - Asus baru saja menghadirkan laptop murah yang bisa dialihfungsikan sebagai tablet juga, yakni Asus ExpertBook B3000. Murah, lantaran Asus ExpertBook B3000 dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp7,3 jutaan, cocok untuk anak-anak sekolah dan guru dalam menjalani aktivitas belajar dan mengajar sehari-hari.

Laptop ini tidak ditenagai prosesor dari AMD maupun Intel generasi terbaru, tapi chipset Snapdragon 7c Gen 2 dari Qualcomm. Prosesor tersebut dirancang khusus untuk perangkat berlayar lebar, dan memiliki kelebihan pada efisiensi dayanya yang jauh lebih tinggi.

Berbekal baterai 38 Wh, Asus ExpertBook B3000 diklaim bisa digunakan selama 21 jam untuk pemakaian normal. 

Kalau kata Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Domunikus Susanto, kemampuan hemat daya dari smartphone dengan ‘otak’ Snapdragon bisa juga dirasakan oleh pengguna laptop seperti Asus ExpertBook B3000.

Baca juga: Spek Asus ExpertBook B3000, Laptop Murah dengan Chip Snapdragon

“Seperti konektivitas sampai baterai yang irit. Hitungan (daya tahannya) bukan jam-jam lagi, biasanya sampai hari,” katanya.

Bak laptop tipis nan premium yang dibanderol dengan harga berkali-kali lipat lebih mahal, penggunaan Snapdragon 7c Gen 2 juga membuat ExpertBook B3000 dirancang fanless alias tidak memiliki kipas pendingin. Alhasil, menggunakan laptop ini akan terasa senyap tanpa ada suara kipas yang bising.

Berbicara soal spesifikasi lainnya, Asus ExpertBook B3000 dilengkapi dengan layar touchscreen berjenis IPS LCD berukuran 10,5 inci. Resolusinya pun lebih tinggi dari Full HD, tepatnya WUXGA atau 1.920 x 1.200 piksel.

Mengoperasikan laptop ini tak sebatas menggunakan sentuhan jari seperti tablet atau menggunakan keyboard yang bisa dilepas-pasang, tapi juga stylus yang tersemat di tepian atas bodinya.

Bukan hanya ditunjang oleh Snapdragon 7c Gen 2 saja, Asus ExpertBook B3000 yang beredar di Indonesia dilengkapi dengan RAM 8 GB LPDDR4x dan memori penyimpanan 128 GB berjenis eMMC.

Baca juga: Plus Minus Asus ExpertBook B3000, S Mode Bikin Kaku

Seperti tablet juga, ada sepasang kamera di depan dan belakang yang bisa banget untuk mendukung kebutuhan rapat maupun belajar secara online. Di depan, ada kamera selfie 5 MP dan di belakang 13 MP.

Biar gak makin penasaran, berikut beberapa foto hands-on dari laptop terbaru Asus ExpertBook B3000 yang beredar resmi di Indonesia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini