icon-category Auto

FOTO: Yamaha MT-07 Made In Pulogadung yang Diekspor ke Eropa

  • 15 Oct 2023 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Yamaha MT-07 menjadi motor besar alias moge pertama yang dibuat secara utuh di Indonesia. Sayangnya, motor yang satu ini tidak dijual untuk pasar dalam negeri, melainkan untuk diekspor ke Eropa.

    Tim Uzone.id pun berkesempatan untuk menemui Yamaha MT-07 dalam agenda Factory Visit, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Global Factory West Java di Karawang, Jawa Barat.

    Secara tampilan Yamaha MT-07 ini mengusung desain seperti MT Series lainnya. Wajah agresif, kaki-kaki besar, dan torsi yang besar menjadi ciri khas motor hypernaked bike tersebut.

    Lampu depannya yang sekilas mirip seperti alien, mmebuat tampilan Yamaha MT-07 ini semakin agresif. Dipadukan dengan lekukan bodi yang besar membuat tampilan dari motor ini menjadi semakin garang.

    Di bagian lampu utama, seperti kakak dan adiknya, Yamaha MT-07 mendapatkan lampu LED Projector yang dilengkapi DRL.

    Yamaha MT-07 menggunakan rangka jenis Diamond yang dipadukan dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan swingarm dengan suspensi tunggal di belakang. Kedua suspensi tersebut pun terhubung dengan ban berukuran 120/70 R17 di depan dan 180/55 R17 di belakang.

    Menariknya, secara dimensi Yamaha MT-07 ini terbilang tidak terlalu besar untuk sebuah moge. Dimensinya sendiri memiliki panjang 2.085 mm, lebar 780 mm, tinggi 1.105 mm, dengan wheelbase 1.400 mm.

    Di sektor dapur pacu, Yamaha MT-07 dibekali mesin 2-silinder, 689 cc, 4-tak, DOHC, berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 73,4 PS di 8.750 rpm dan torsi 67 Nm di 6.500 rpm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

    Dyonisius Beti selaku Presiden Direktur YIMM menyebutkan, di Eropa moge kelas menengah itu dijual hanya sekitar Rp127 jutaan saja.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini