Auto

Fungsi dan Cara Kerja Traction Control System di Motor Matik

  • 17 October 2021
  • Bagikan :
    Fungsi dan Cara Kerja Traction Control System di Motor Matik

    Foto: Yamaha

    Uzone.id – Motor-motor matik saat ini, khususnya yang bermesin 150cc ke atas sudah jamak menggunakan fitur traction control. Sebuah fitur yang biasanya hanya terdapat di mobil dan moge.

    Seperti halnya generasi terbaru NMAX yang juga turut dilengkapi dengan fitur keselamatan berkendara yang salah satunya adalah Traction Control System (TCS).

    Kehadiran fitur ini tidak hanya menjadikan All New NMAX 155 Connected ABS sebagai skutik pertama dikelas 150-160cc yang mengaplikasikan fitur ala moge tersebut, namun juga memiliki peranan penting dalam memberikan #kontrolMAXImal bagi sang pengendara.

    BACA JUGA: Kawasaki Ninja ZX600 R Jadi Tongkrongan Ahmad Dhani Muda

    “Khusus untuk TCS sendiri, fitur yang banyak dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, YIMM.

    Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

    Adapun kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang.

    Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU dan kemudian ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.

    Cara mengurangi putaran mesin ini sendiri dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) dan bisa juga dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.

    Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS pada All New NMAX 155 Connected ABS dalam kondisi menyala atau aktif.

    Fitur ini juga dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri stang kemudi. Setelah itu menu pilihan On dan Off nya dapat dilihat pada tampilan layar speedometer.

    Cara Merawat TCS

    Melihat fungsinya yang begitu penting sebagai fitur keselamatan berkendara, pemilik All New NMAX 155 Connected ABS perlu merawat dan mengecek fungsi TCS secara rutin.

    Pastikan fitur tersebut dapat bekerja secara optimal dan selalu siap untuk digunakan. Lantas bagaimana cara merawat fitur TCS dan cara mengetahui bahwa fitur tersebut dalam kondisi baik?, caranya cukup mudah.

    Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang (dekat dengan kaliper rem). Maka pemilik motor harus rajin membersihkan area kaki-kaki motor dari debu dan kotoran yang menempel.

    Setelah itu, berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.

    Sementara itu untuk mengetahui apakah TCS berfungsi dengan baik, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi acuan. Pertama cek lampu indikator.

    Jika lampu indikator TCS di layar speedometer terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS pada motor mengalami malfungsi.

    Indikasi pengecekan yang kedua dengan cara mengaktifkan fitur TCS, kemudian posisikan motor dengan standard tengah (main stand) lalu mainkan putaran gas.

    Jika TCS berfungsi normal, saat pemilik motor memainkan putaran gas maka putaran roda belakang akan tersendat. Dan jika TCS mengalami malfungsi maka putaran roda belakang tidak akan tersendat saat gas
    dimainkan.

    Jika fitur TCS pada motor mengalami malfungsi dengan beberapa indikasi seperti yang dijabarkan di atas, maka sebaiknya pemilik motor segara membawa motornya ke bengkel resmi Yamaha terdekat untuk mendapat pengecekan lebih lanjut.

    Komparasi Dua Motor Listrik Lokal Terbaik

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini