Digilife

Fungsi Keren 5 Kamera di Galaxy Z Fold3

  • 23 August 2021
  • Bagikan :
    Fungsi Keren 5 Kamera di Galaxy Z Fold3

     

     

    Uzone.id - Para penggemar Samsung semakin antusias ingin menjadi yang pertama menjajal smartphone lipat terbaru yang diluncurkan kemarin. Tak hanya tangguh dan tahan air, Samsung Galaxy Z Fold3 juga memiliki lima kamera yang masing-masing berbeda fungsi.

    Dengan lima kamera yang ada terletak di tiga tempat berbeda, Galaxy Z Fold3 digadang akan mengubah cara pengguna dalam membuat foto, memberikan sudut pandang baru yang unik bagi pengguna dalam menangkap tiap momen. Berbekal form factor dan fitur-fitur inovatif yang dihadirkan, pengguna dapat merasakan pengalaman mengambil foto yang unik dengan Galaxy Z Fold3 yang bahkan tidak dapat ditemukan di smartphone Galaxy lainnya. Apa saja itu?

    Lima kamera yang terdapat di Galaxy Z Fold3 terdiri dari tiga kamera di bagian belakang, satu di layar utama dan satu lagi di cover screen. Triple camera di bagian belakang yang terdiri dari 12MP Wide-angle Camera + 12MP Ultra Wide Camera + 12MP Telephoto Camera. Lalu, pada layar utama, Samsung menanamkan Under Display Camera pada Galaxy Z Fold3, membuatnya menjadi smartphone foldable pertama di industri yang mengusung teknologi tersebut. 

    Baca juga: Ini Perubahan Signifikan Pada Samsung Galaxy Z Flip3

    Sistem kamera pada perangkat tersebut menjadi lengkap dengan selfie camera 10MP yang terletak di bagian Cover Screen.

    Fleksibilitas yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold3 salah satunya dapat dilihat dari triple camera di bagian belakang yang bisa dimanfaatkan untuk selfie dengan cara yang mudah. 

    Pengguna cukup membuka perangkat dan mengarahkan kamera belakang ke wajah dan melihat tampilan gambar pada Cover Screen untuk hasil foto yang lebih maksimal dan proporsional, termasuk saat melakukan wefie dengan teman-teman. 

    Menurut seorang fotografer kawakan, Muhammad Fenno, salah satu hal menarik dari kamera Samsung Galaxy Z Fold3 adalah bentuknya yang dapat dilipat menyerupai laptop.

    Ini secara tidak langsung bisa membuat lipatan bagian bawah berfungsi layaknya sebuah tripod. Sedangkan saat terbuka, Samsung Galaxy Z Fold3 memungkinkannya untuk mengambil berbagai angle foto dengan memanfaatkan 5 kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Z Fold3.

    Galaxy Z Fold3 (1)

    "Pengambilan angle-nya jadi bisa banyak, dengan memanfaatkan lima kamera tersebut. Mulai dari foto-foto low-angle hingga selfie menggunakan kamera belakang, Samsung Galaxy Z Fold3 mampu menawarkan angle-angle yang unik, memberikan saya kebebasan untuk berkreasi dan mengeksplorasi hasil-hasil foto saya," ujar Fenno.

    Seperti yang sudah disebut di atas, Samsung Galaxy Z Fold3 menjadi yang pertama mengadopsi teknologi Under Display Camera. Keunggulannya sudah dipastikan dari desainnya smartphone yang datar, seolah tak ada kamera sama sekali yang disematkan. Tak seperti desain kamera smartphone yang kerap menonjol dan lebih tebal posisinya ketimbang smartphone itu sendiri.

    Untuk bisa melihat kamera, ternyata butuh upaya yang cukup keras. Kecerahan layar lipat, khususnya area yang menutupi Under Display Camera, adalah faktor kunci lain yang berperan untuk bisa melihat sensor kamera tersembunyi.

    Artinya, semakin terang layar maka semakin kamera tersebut tidak terlihat. Efek sampingnya adalah sensor UDC dan potongan Infinity-O menjadi hampir terlihat jelas saat layar tidur atau saat gambar gelap.

    Samsung meletakkan kamera tersembunyi itu di bawah layar yang transparan untuk kamera depan. Makanya disematkan di layar utama sehingga posisinya bisa untuk selfie. Memang resolusinya hanya 4MP dengan sensor kedalaman f/1.8 dan bidang pandang 80 derajat. 

    Baca juga: Tren Ponsel Masa Depan Dimulai dari Fold dan Flip

    Meski resolusinya kecil, hasilnya masih bisa diandalkan karena memiliki sensor piksel yang lebih besar 2 mikron, yang berarti dapat menangkap lebih banyak cahaya. Ini merupakan sesuatu yang diperlukan saat sensor disembunyikan di balik layar.

    Meskipun 4MP terdengar seperti resolusi yang terlalu rendah untuk kamera selfie zaman sekarang, perlu diingat bahwa Galaxy Z Fold 3 bukanlah smartphone biasa. Lagipula kita sudah disuguhkan dengan kamera selfie beresolusi 10MP tepat di atas Cover Screen.

    Jadi tujuan Under Display Camera untuk memberikan kenyamanan saat menonton video, bermain game, atau aktivitas lainnya saat memanfaatkan layar yang besar. Semua semata untuk memanjakan pengguna.

    Galaxy Z Fold3 tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB) dan Rp26.999.000 (12GB/512GB). Pre-order bisa dilakukan di situs resmi Samsung atau Indosat Gallery dan XL Center sampai dengan 29 Agustus 2021 dan dapatkan penawaran khusus hingga Rp5.239.000 yang terdiri dari proteksi Samsung Care+ selama 1 tahun, e-voucher hingga Rp1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp1.000.000. 

    Selain itu, tersedia juga program buy-back 60 persen untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan dan program cicilan 0 persen sampai 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, Panin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega. Bisa juga mengunjungi situs resmi Samsung.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini