icon-category News

JK: Gaji PNS Naik 5 Persen di 2019 Tak Ada Hubungannya dengan Pemilu

  • 13 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    Pemerintah menaikkan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 5 persen di tahun 2019. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membantah kenaikan gaji tersebut terkait dengan Pemilu 2019.

    JK mengatakan, ada atau tidak ada Pemilu, pemerintah tetap menaikkan gaji PNS. Kenaikan gaji yang dikatakan Jokowi untuk PNS itu bukan untuk kepentingan politik.

    "Ada Pemilu atau tidak ada Pemilu kita naikkan gaji PNS. Ada Pemilu tidak Pemilu kita siapkan rumah (untuk PNS), tidak ada hubungannya dengan pemilu," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (13/11).

    Hal serupa juga berlaku untuk tunjangan kinerja para PNS. JK mengatakan, kenaikan tunjangan kinerja akan diberikan pada PNS yang performanya bagus.

    "Tidak, itu berdasarkan performance. Jadi, tunjangan kinerja itu berdasarkan penilaian, kebetulan saya yang teken itu akhirnya kan sebagai ketua reformasi birokrasi, itu setelah merasakan kinerja masing-masing itu baru kita kasih tunjangan kinerja, bukan berdasarkan politik sama sekali," kata JK.

    Sebelumnya diberitakan, pemerintah akan menaikkan 5 persen gaji pokok PNS pada tahun depan. Hal ini lantaran selama empat tahun terkahir gaji PNS tidak mengalami kenaikan. 

    Dalam APBN 2019, pemerintah menyiapkan anggaran untuk belanja gaji pegawai sebesar Rp 215 triliun. Secara rinci, untuk kenaikan gaji pokok dan tunjangan PNS aktif sebesar Rp 98 triliun dan untuk pensiunan PNS sebesar Rp 117 triliun.

    Tags : Pns Gaji Naik 2019 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini